ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI DAN PROSES REDUPLIKASI PADA CERPEN SISWA KELAS XI BAHASA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI MA BIDAYATUL HIDAYAH TAHUN 2017

BAYU ADITYA PRATAMA, BAYU ADITYA PRATAMA (2019) ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI DAN PROSES REDUPLIKASI PADA CERPEN SISWA KELAS XI BAHASA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI MA BIDAYATUL HIDAYAH TAHUN 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I dan II dan III OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV DAN V OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal skripsi bayu ok.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pratama, Bayu Aditya. 2018. Analisis Kesalahan Afiksasi Dan Proses Reduplikasi Pada Cerpen Siswa Kelas XI Bahasa Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Di MA Bidayatul Hidayah Tahun 2017. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Rani Jayanti, S.Pd., M.Hum., dan (II) Akhmad Fatoni, S.S., M.Hum. Kata Kunci: Kesalahan, Afiksasi, Reduplikasi, Relevansi Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan afiksasi dan proses reduplikasi pada cerpen siswa kelas XI Bahasa di MA Bidayatul Hidayah serta relevansi afiksasi dan reduplikasi dalam pembelajran bahasa Indonesia di MA Bidayatul Hidayah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 18 cerpen siswa Kelas XI Bahasa. Data penelitian ini berupa afiksasi dan reduplikasi yang terdapat pada cerpen siswa kelas XI Bahasa. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan dokumen, simak, dan catat. Validasi data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teori. Analisis data papa penelitian ini menggunakan metode Agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan metode padan untuk mentraskrip menjadi bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesalahan afiksasi yang dilakukan oleh siswa kelas XI Bahasa berjumlah 212 kesalahan. Kesalahan penulisan yang paling banyak, yaitu prefiks di- dan me(N)-. Proses reduplikasi seluruh siswa berjumlah 129 pengulangan meliputi pengulangan seluruh sebanyak 86 pengulangan, pengulangan sebagian sebanyak 33 pengulangan, pengulangan pembubuhan afiks sebanyak 8 (delapan) pengulangan, dan pengulangan perubahan fonem sebanyak 2 (dua) pengulangan. Relevansi afiksasi dan reduplikasi dalam pembelajaran bahasa merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Afiksasi dan reduplikasi dipelajari pada kelas X (sepuluh) pada sub bab Menyusun Laporan Hasil Observasi. Penggunaan afiksasi dan reduplikasi dapat ditemukan juga pada mata pelajaran yang lainnya. Materi-materi pada semua mata pelajaran memang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Afiksasi, Reduplikasi, Relevansi Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 28 Feb 2019 05:36
Last Modified: 04 Apr 2019 03:52
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item