Penanaman Nilai Toleransi Pada Siswa Multi Agama (Studi Kasus di SDN Mojosari)

Fitriyah, Lailatul, 5.15.05.12.0.018 and Nasiruddin, 2170101005 and Saifuddin, 0713128202 (2019) Penanaman Nilai Toleransi Pada Siswa Multi Agama (Studi Kasus di SDN Mojosari). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL + JUDUL RIA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PersetujuanPembimbingPenguji, Pernyataan, Publikasi, Pengesahan.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI RIA.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR RIA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN RIA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RIA.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB II RIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III RIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV RIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V RIA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1-6 RIA.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara multikultural terbesar di dunia karena Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa yang menggunakan hampir 200 bahasa yang berbeda. Indonesia juga mempunyai adat atau kebudayaan yang berbeda, dan warga negara Indonesia pun memeluk agama dan kepercayaan yang beragam seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu serta berbagai macam aliran kepercayaan. Mengingat hal itu, nilai toleransi menjadi sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Penanaman nilai toleransi sejak dini di lembaga sekolah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap toleransi pada siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keragaman siswa di SDN Mojosari dalam pergaulan antar agama. 2) untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai toleransi pada siswa multi agama di SDN Mojosari. 3) untuk mengetahui bentuk toleransi yang dihasilkan dari penanaman nilai toleransi pada siswa multi agama di SDN Mojosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dimana peneliti mengeksplorasi kehidupan nyata yang dilakukan melalui berbagai metode yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data melalui wawancara dari berbagai sumber diantaranya guru mata pelajaran agama yakni guru agama Islam, guru Agama Kristen, guru agama Budha, dan juga guru mata pelajaran bahasa Inggris, PKN, serta dari observasi kepada para siswa, dan juga dokumen-dokumen yang didapatkan dari SDN Mojosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kondisi keragaman siswa di SDN Mojosari adalah para siswa terdiri dari berbagai macam agama yang berbeda yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha namun mereka tetap bergaul dengan baik tanpa adanya pertengkaran satu sama lain. Kedua, penanaman nilai toleransi kepada para siswa dilakukan guru melalui beberapa upaya, diantaranya melalui pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, melalui pembiasaan-pembiasaan rutin, praktek (tindakan nyata) dari para guru di SDN Mojosari, dan juga melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, bentuk toleransi yang dihasilkan melalui upaya yang telah dilakukan guru diantaranya sikap mengakui hak setiap orang, menghormati keyakinan orang lain, dan terbentuknya jiwa falsafah pancasila yang ditunjukkan dengan adanya kerukunan antar siswa. Kata Kunci : Penanaman Nilai Toleransi, Multikultural

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Toleransi, Multikultural
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:19
Last Modified: 16 Jun 2020 01:19
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item