IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA KELAS XI IPA 1 DI MAN KOTA MOJOKERTO

Novitasari, Nurna, 51506130027 and Hermawan, Wawan, 0717098801 and Andriyati, Asih, 0719048903 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA KELAS XI IPA 1 DI MAN KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
COVER-dikonversis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa indonesia materi drama kelas XI IPA 1 Di MAN Kota Mojokerto. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarakan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : pada tahap perencanaan, guru mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan dikembangakan ke dalam silabus dan dimasukkan ke dalam RPP. Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia materi drama kelas XI IPA guru sudah mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam setiap pertemuan. Penilaian pendidikan karakter dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian aspek kognitif dan afektif yang mengacu pada nilai-nilai karakter. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu guru sulit untuk menentukan nilai-nilai karakter yang dikaitkan dengan pembelajaran, lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang baik, tidak mudah membimbing peserta didik untuk memiliki karakter yang diharapkan. Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu dukungan dari warga sekolah, sarana dan prasarana sekolah, kondisi siswa yang memiliki dasar karakter baik, adanya aturan dan tata tertib yang telah diatur sekolah, visi dan misi yang dimiliki oleh sekolah.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter, pembelajaran bahasa indonesia
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Unnamed user with username 51506130027
Date Deposited: 16 Jun 2020 21:46
Last Modified: 16 Jun 2020 21:46
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item