ALFANDA RATNA DWI ARYANTI, ALFANDA RATNA DWI ARYANTI (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA (PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.
Text
BAB I, II, III, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
Abstract
ABSTRAK Aryanti, Alfanda Ratna Dwi. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran JUCAMA (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII pada Materi Segiempat. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I : Ulil Nurul Imanah, M. Pd. Pembimbing II : Feriyanto, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran JUCAMA untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Pungging. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respons siswa. Pada penelitian ini, data diperoleh dari pengisian lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa, lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan respons siswa pada lembar angket respons. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran JUCAMA efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,63, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan “sangat aktif” dengan nilai rata-rata 3,565, kemampuan berpikir kreatif siswa secara individu terlatih dengan menggunakan model pembelajaran JUCAMA pada materi segiempat. Hal ini diketahui dari tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dari hasil tes yang telah diberikan. Terdapat 16 siswa memilik tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif), 9 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 2 (cukup kreatif), 2 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif), dan 3 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 0 (tidak kreatif). Secara klasikal, kemampuan berpikir kreatif siswa juga dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 80%, dan respons siswa terhadap model pembelajaran JUCAMA ini adalah “positif”. Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran JUCAMA, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran JUCAMA, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 04:27 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:26 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |