PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONGBENDO PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK

Cicin Yusvitasari, Cicin Yusvitasari (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONGBENDO PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Abstrak Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa, dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis pada siswa kelas VIII-A SMPN 2 Balongbendo pada materi volume kubus dan balok. Model Pembelajaran diartikan sebagai kerangka konseptual yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) mempunyai tujuan pembelajaran, (2) dapat dijadikan pedoman dalam pembelajaran di kelas, (3) memiliki urutan langkah-langkah pembelajaran (sintaks). Model Pembelajaran Quantum Learning adalah model pembelajaran dengan menumbuhkan semangat dan menyenangkan sehingga memberikan sikap positif terhadap pembelajaran, pemberian nama yakni memaknai suatu konsep matematika, mendemonstrasikan hasil penemuan konsep, mengulangi materi yang telah dipelajari sehingga adanya keyakinan pada siswa bahwa “Aku tahu bahwa aku memang tahu” selanjutnya merayakan suatu keberhasilan dalam belajar melalui reward. Kemampuan Komunikasi matematis siswa adalah kecakapan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematis baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi yang akan diteliti adalah komunikasi matematis secara tulisan. Pada penelitian ini menggunakan rancangan One Shot Case Study yang berarti penelitian yang dilakukan dengan menggunakan satu kali pengumpulan data dan satu saat, yaitu dengan perlakuan tertentu yang peneliti lakukan. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran mendapatkan hasil dalam kategori sangat baik sehingga kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan efektif, dengan nilai 3,82. Sedangkan dari aktivitas siswa mendapatkan hasil dalam kategori aktif dengan nilai 82,5%. Pada kemampuan komunikasi siswa VIII-A SMP Negeri 2 Balongbendo secara tertulis dapat dikatakan baik karena dari 36 orang siswa terdapat hasil persentase 58,3% dalam kategori sangat tinggi dan 33,3% dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Quantum Learning, Komunikasi Matematis , Kubus dan Balok.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Komunikasi Matematis , Kubus dan Balok.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:41
Last Modified: 04 Apr 2019 03:26
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item