OPTIMASI RUTE PADA PERMASALAHAN TWO DIMENTIONAL LOADING – CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (2L-CVRP)

Cahyono, Hadi, 5.15.04.09.0.016 and Rosyida, Erly Ekayanti, 0702038201 and Efendi, Imaduddin Bahtiar, 0722067704 (2019) OPTIMASI RUTE PADA PERMASALAHAN TWO DIMENTIONAL LOADING – CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (2L-CVRP). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Halaman Sampul asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I ok.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB II okk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV asli fix ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V ok n.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR pustaka docx.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
lampiran new ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penentuan rute kendaraan dengan kapasitas atau disebut dengan CVRP merupakan masalah yang sering terjadi pada penentuan rute pengiriman dalam pendistribusian, terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang distributor seperti pada PT.Puji Lestari Purnama yang akan dijadikan contoh kasus pada penelitian tugas akhir ini. Tujuan dari penelitian ini adalah optimalisasi capacitated vehicle routing problem untuk penentuan rute pendistribusian produk dengan mempertimbangkan loading constrains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode clark and wright saving heuristic, algoritma ini memungkinkan diperolehnya suatu rute dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan dan permintaan masingmasing customer. Data yang digunakan adalah data kapasitas kendaraan, data pelanggan dan permintaan, data jarak, data waktu yang mencakup waktu perjalanan, waktu loading dan unloading. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil kesimpulan yakni diperoleh hasil penentuan rute pada minggu pertama sampai minggu kelima yang dibandingkan dengan rute awal perusahaan didapat hasil pada minggu pertama diperoleh penghematan jarak 93,6 km dengan penghematan biaya sebesar Rp. 91.728 dibandingkan dengan rute awal perusahaan, diminggu kedua diperoleh penghematan jarak 142,4 km dengan penghematan biaya sebesar Rp.139.552 dibandingkan rute awal perusahaan, diminggu ketiga diperoleh penghematan jarak 63,9 km dengan penghematan biaya Rp.62.662, diminggu keempat diperoleh penghematan jarak 173,8 km dengan penghematan biaya Rp.170.324, dan diminggu kelima diperoleh hasil penghematan jarak 32,4 km dengan penghematan biaya sebesar Rp.31.654.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Capacitated vehicle routing problem (CVRP), Loading constraints, algoritma clark and wright saving heuristic.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Industri
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering
Depositing User: Hadi Cahyono
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:08
Last Modified: 16 Jun 2020 22:08
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item