ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

FITRI INDRAYATI NINGSIH, FITRI INDRAYATI NINGSIH (2019) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Fitri Indrayati. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Mojopahit. Pembimbing (I) Suesthi Rahayuningsih., S.Si., M.Pd. dan Ulil Nurul Imanah M.Pd. Kata-Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Masalah Matematika, Kecerdasan Emosional Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas VII D SMP Negeri 2 Pungging. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket kecerdasan emosional siswa, tes penyelesaian masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan emosional tinggi dapat menjelaskan dengan tepat konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen memberi contoh dan bukan contoh konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Subjek mengelompokkan yang memiliki suku-suku sejenis. Subjek dapat memberi contoh dan bukan contoh konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika. Subjek menyebutkan informasi dan membuat model untuk mencari luas tanah. Pada komponen mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Subjek mengelompokkan yang memiliki suku-suku sejenis. Pada komponen menggembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Subjek mengunakan syarat penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Pada komponen menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur. Subjek menerapkan prosedur-prosedur yang telah dipilih dengan baik. Pada komponen mengklasifikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Subjek mengkomunikasikan proses-proses algoritma. subjek dengan kecerdasan emosional sedang dapat menjelaskan dengan tepat konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen memberi contoh dan bukan contoh konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Subjek dapat memberi contoh dan bukan contoh konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi. Subjek menyebutkan informasi dan membuat model untuk mencari luas tanah. Subjek dengan kecerdasan emosional rendah dapat menjelaskan dengan tepat konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Pada komponen memberi contoh dan bukan contoh konsep variabel, koefisien, dan konstanta. Subjek dapat memberi contoh dan bukan contoh variabel, koefisien, dan konstanta.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Masalah Matematika, Kecerdasan Emosional
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 01 Mar 2019 06:40
Last Modified: 04 Apr 2019 03:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item