PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN DI SMA NEGERI 1 PURI

NAILUL FARIHAH, NAILUL FARIHAH (2019) PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN DI SMA NEGERI 1 PURI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Farihah, Nailul. 2018. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skils (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Bilangan di SMA Negeri 1 Puri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing: (I) Ulil Nurul Imanah, M.Pd., dan (II) Deka Anjariyah, S.Si., M.Pd. Kata kunci : Soal HOTS, Higher Order Thinking Skills, Barisan dan Deret Hasil capaian PISA tahun 2015 menunjukkan bahwa nilai siswa Indonesia masih rendah, terutama pada kompetensi matematika. Salah satu faktor penyebabnya ialah peserta didik di Indonesia kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal kontekstual yang melibatkan penalaran dan kreativitas seperti soal dalam PISA. Dalam naskah Pedoman Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA dinyatakan bahwa sebaiknya penilaian untuk SMA lebih banyak menilai higher order thinking skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu bentuk soal yang memiliki tingkatan berpikir menganalisis, mengevaluasi, sampai ke mencipta. Atas dasar tersebut, dilakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat soal HOTS pada materi barisan dan deret bilangan yang valid dan praktis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat efek potensial soal HOTS terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan 2 tahap utama yaitu preliminary dan formative evaluation. Tahap formative evaluation menurut Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test. Untuk mengetahui kevalidan perangkat soal HOTS dilihat dari hasil analisis lembar validasi pada tahap expert review. Kepraktisan soal diketahui dari hasil analisis angket respon siswa pada tahap small group. Sedangkan efek potensial soal berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir tingkat tiggi siswa pada tahap field test. Hasil pengembangan soal HOTS ini berupa perangkat soal yang terdiri dari kisi-kisi dan soal HOTS dengan 5 soal berbentuk uraian yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Perangkat soal dinyatakan valid dengan rata-rata kriteria skor sebesar 89% dalam kategori sangat valid, dan dinyatakan praktis dengan kriteria skor sebesar 83% dalam kategori sangat praktis. Soal HOTS yang dikembangkan juga memiliki efek potensial yang baik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan skor rata-rata 15,6875 yang menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam kategori baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Soal HOTS, Higher Order Thinking Skills, Barisan dan Deret
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:42
Last Modified: 04 Apr 2019 03:14
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item