RACHMANTORO, AGIL and UTAMI, BUDI and SETYARININGSIH, ENY (2019) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA AHASS 07505 EKA PRIMA MOTOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rachmantoro, Agil, 2015. Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada AHASS 07505 Eka Prima Motor. Skripsi, Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Budi Utami, SE., MM. Pembimbing II : Eny Setyariningsih, SE., MM. Setiap pelaku usaha di setiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Hal ini berkaitan dengan tingkat persaingan di berbagai bidang usaha yang semakin ketat tak terkecuali pada dunia otomotif yang semakin pesat khususnya otomotif roda dua. Dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan, perusahaan diharuskan terlebih dahulu mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen pada saat ini dan masa mendatang. Dalam perkembangannya, pelaku usaha telah menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan yang loyal sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem pemasaran customer relationship marketing. Tidak hanya itu, pelaku usaha juga harus memberikan palayanan yang baik agar konsumen merasakan tingkat kepuasan maksimal hingga membuat pelanggan menjadi loyal terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Customer Relationship Marketing dan Kepuasan Pelanggan Berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berlangganan servis atau perbaikan motor pada AHASS 07505 Eka Prima Motor. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Customer Relationship Marketing (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai t hitung -0.449 < t tabel 1.984 dengan tingkat signifikansi 0.654. Kepuasan Pelanggan (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai t hitung 3.089 > t tabel 1.984 dengan tingkat signifikansi 0.003. Customer Relationship Marketing (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung (4.838) > Ftabel (3.090) dengan tingkat signifikansi 0.010. Kata Kunci: Customer Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Faculty of Economics > Management |
Depositing User: | Agil Rachmantoro |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 14:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 14:52 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1517 |
Actions (login required)
View Item |