HALAMAN SAMPUL ANALISA KINERJA WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR KEDUNGMALING KABUPATEN MOJOKERTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM)

RIAN APRILYANTI, RIAN APRILYANTI (2019) HALAMAN SAMPUL ANALISA KINERJA WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR KEDUNGMALING KABUPATEN MOJOKERTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Rian Aprilyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JUTRNAL RIAN APRILYANTI 2018.pdf

Download (342kB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK ABSTRAK Aprilyanti, Rian, 2018. ANALISA KINERJA WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR KEDUNGMALING KABUPATEN MOJOKERTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM). Tugas akhir, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I: M. Adik Rudiyanto, S.T, M.T Pembimbing II: Wuwuh Asriningpuri, S.T, M.T Proyek Pembangunan yang sesuai spesifikasi ditentukan oleh perencanaan waktu dan biaya yang tepat, karena jika waktu pelaksanaan proyek melewati batas akhir waktu akan menimbulkan kerugian waktu dan biaya, waktu bertambah maka biaya bertambah. Penelitian ini membahas tentang waktu atau durasi penyelesaian proyek pembangunan Pasar Kedungmaling Mojokerto yang mengalami keterlambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan durasi proyek yang lebih pendek sehingga dibandingan dua metode penjadwalan proyek. Metode yang digunakan atau dibandingkan adalah Critical Path Method (CPM) yang merupakan metode AOA dan Precedence Diagram Method (PDM) yang merupakan metode AON. Kedua metode memiliki langkah penyelesaian yang sama dalam analisis data hanya saja konstrain yang dipakai berbeda. Critical Path Method (CPM) lebih mudah dikerjakan dan terlihat lebih sederhana namun tidak begitu jelas urutan waktu kegiatan yang terjadi. Precedence Diagram Method (PDM) lebih rumit namun waktu runtutan kegiatan terlihata jelas dan detail. Hasil analisa menunjukkan Critical Path Method (CPM) memiliki durasi yang lebih pendek dari Precedence Diagram Method (PDM) dan durasi rencana, yaitu 98 hari (18,6% = 22 hari) lebih cepat dari rencana awal, sedangkan Precedence Diagram Method (PDM) memili durasi 106 hari (11,7% = 14 hari) lebih cepat dari durasi rencana proyek (120 hari). Kata Kunci: Critical Path Method, Precedence Diagram Method, Manajemen Waktu

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Critical Path Method, Precedence Diagram Method, Manajemen Waktu
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:53
Last Modified: 04 Apr 2019 03:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item