hubungan kedisiplinan peserta didik terhadap kejujuran akademik di sman 1 bangsal mojokerto

fitriah,nadhifah, 51505120028 and zainal,chasiru, 2170101003 and cholili,syarif, 0712127308 (2022) hubungan kedisiplinan peserta didik terhadap kejujuran akademik di sman 1 bangsal mojokerto. hubungan kedisiplinan peserta didik terhadap kejujuran akademik di sman 1 bangsal.

[img]
Preview
Text
Dok. halaman pengesahan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan_karya_ilmiah[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadhifah Lailaitul Fitriah, 2019 HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEJUJURAN AKADEMIK Di SMAN 1 BANGSAL MOJOKERTO Pembimbing 1: Dr.Chasiru Zainal Abidin. S.Ag. M.Pd.I Pembimbing 2: M. Syarif , M.Pd.I Kedisiplinan merupakan sikap dan pemikiran peserta didik terhadap diri sendiri untuk menentukan pengembangan diri dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kejujuran adalah melatih kemampuan diri untuk kedisiplinan yang berartu taat pada peraturan. Oleh karenanya kedisiplinan belajar dan kejujuran adalah suatu hal yang selayaknya dimiliki oleh peserta didik. Sehingga kedisipinan belajar dan kejujuran akademik memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan baik prestasi maupun kejujuran dalam belajar yang diharapkan dalam kejujuran itu sendiri merupakan salah satu tolak ukur bagi penentu keberhasilan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik, 2) Untuk mengetahui kejujuran akademik peserta didik, 3) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar terhadap kejujuran akademik. Jenis penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis koresional. Penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara kedisiplinan belajar terhadap kejujuran akademik peserta didik dengan nilai sig 0,023 taraf signifikan 0,05, sehingga 0,023 > 0,05 yang berarti Ho ditolak (Ha diterima). Hasil dari korelasi sebesar 0,371 berada diantara 0,200-0,400 sehingga termasuk kriteria lemah. Jadi korelasi antara Kedisiplinan Belajar Terhadap Kejujuran Akademik Peserta Didik terdapat korelasi yang lemah. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Kejujuran Akademik

Item Type: Article
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Nadhifah Lailatul Fitria
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:57
Last Modified: 03 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item