ANALISA PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI KERTAS PADA PERCETAKAN DENGAN MENGGUNAKAN MESIN POTONG SEMI OTOMATIS (Studi Kasus di CV Mutiara Kertas Mojokerto)

Elfan Kharisma Habibi, Elfan Kharisma Habibi (2019) ANALISA PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI KERTAS PADA PERCETAKAN DENGAN MENGGUNAKAN MESIN POTONG SEMI OTOMATIS (Studi Kasus di CV Mutiara Kertas Mojokerto). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
JURNAL ELFAN KHARISMA H.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 1-5 ELVAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

ABSTRAK HABIBI KHARISMA ELFAN. Analisa Peningkatan Kapasitas Produksi Kertas Pada Percetakan Dengan Menggunakan Mesin Potong Otomatis. Skripsi/Tugas Akhir, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Pembimbing I : Luthfi Hakim, S.pd. ,M.T Pembimbing II : Suharto Eko K, S.T., M.T Dalam melakukan kegiatan produksi, khususnya di perusahaan rumahan terkadang mengalami keterlambatan dalam memenuhi pesanan dari customer. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal, antara lain ke tidak tersediaan bahan baku yang diperlukan, performance mesin yang kurag baik (adanya mesin breakdown, ketidaksesuaian antara spesifikasi mesin dengan kenyataannya), penjadwalan produksi yang kurang tepat, atau memang karena kurangnya kapasitas mesin.Pada umumnya setiap perusahaan berkeinginan untuk mengembangkan hasil usahanya lagi. Hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan dunia usaha yang bergerak seiring kemajuan zaman. Dengan tujuan serta misi yang dimiliki setiap perusahaan dijadikan landasan dalam operasi perusahaan. Kemajuan teknologi dibidang percetakan menyebabkan konsumen dihadapkan oleh beberapa pilihan terhadap berbagai macam produk percetakan. Dimana konsumen mulai selektif dalam menentukan produk yang sesuai dengan keinginannya dan tentu saja yang mempunyai kualitas terbaik, murah, dan sesuai dengan selera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemotongan kertas dengan menggunakan mesin potong semi otomatis. Untuk mengetahui kapasitas hasil produksi tumpukan kertas dengan ketebalan 5 cm, 9 cm dan 12 cm menggunakan mesin potong semi otomatis pemotong, dengan hasil variasi ketebalan tumpukan tersebut maka dapat di simpulkan terjadi perbedaan yang kurang signifikan antara tumpukan 5 cm,9 cm dan 12 cm, dengan hasil tersebut di sarankan untuk menggunakan tumpukan 5 cm dan 9 cm karena mendukung faktor–faktor lain seperti ketajaman pisau, kecepatan pemotongan dan mempermudah membentuk bahan yang akan di potong. Kata Kunci : Kapasitas, Produksi, Mesin Semi Otomatis.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, Produksi, Mesin Semi Otomatis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Mechanical Engineering
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:29
Last Modified: 04 Apr 2019 02:32
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item