ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR BADAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Majapahit Kota Mojokerto STA ±0.00 s/d STA 0+500)

Faiz Fajar Alqurni, Faiz and M. Adik Rudiyanto, ST., MT, Adik and Edhi Soewartono, ST., MT, Edhi (2018) ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR BADAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Majapahit Kota Mojokerto STA ±0.00 s/d STA 0+500). Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img] Text (Skripsi)
Faiz Fajar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Abstrak - Masalah lalu lintas dan parkir merupakan masalah yang sering dialami oleh kota-kota besar di dunia. Demikian juga pada kawasan Jalan Majapahit kota Mojokerto sering terjadinya kemacetan pada hari dan jam puncak lalu lintas mengakibatkan menurunnya kinerja ruas jalan. Serta adanya kegiatan parkir badan jalan yang memakan hampir 1/3 lebar jalan. Metodologi penilitian yang digunakan meliputi, pengambilan data di lapangan tentang kondisi ruas jalan existing dan kegiatan parkir pada hari Sabtu sebagai hari-hari puncak lalu lintas dan pada hari minggu dan senin sebagai pembanding. Analisa perhitungan meliputi perhitungan kapasitas jalan, perhitungan kecepatan arus bebas kendaraan, volume parkir, akumulasi parkir, durasi parkir, kapasitas parkir, indeks parkir dan analisa mengenai dampak kegiatan parkir terhadap kinerja ruas jalan. Kapasitas jalan Majapahit mengalami penurunan akibat adanya kegiatan parkir. Berdasarkan MKJI (1997), kapasitas jalan existing dengan sudut parkir 60º sebesar 2255 smp/jam turun sebesar 50% dari kapasaitas jalan sebelum adanya kegiatan parkir yaitu sebesar 4523 smp/jam, sedangkan untuk kecepatan arus bebas kendaraan dengan kondisi yang sama sebesar 38,70 km/jam turun sebesar 31,7% dari 56,73 km/jam. Analisa karakteristik parkir didapatkan volume parkir maksimum sebesar 288 kendaraan, akumulasi parkir maksimum sebesar 243 kendaraan, durasi rata-rata parkir terlama untuk sepeda motor yaitu 43,31 menit/kendaraan dan untuk mobil yaitu 55,45 menit/kendaraan, kapasitas parkir maksimum untuk sepeda motor sebesar 494 kendaraan dan untuk mobil sebesar 28 kendaraan, nilai indeks parkir pada hari sabtu sebesar 1,04 untuk sepeda motor dan 1,09 untuk mobil hal ini menunjukkan kendaraan yang parkir melebihi kapasitas lahan parkir yang ada. Kata Kunci – Kapasitas, Karakteristik, Parkir.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:05
Last Modified: 09 Oct 2018 04:05
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item