ANALISA PERBEDAAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM DEPAN ORIGINAL DENGAN IMITASI PADA KENDARAAN ISUZU PANTHER TBR 541

ABU JABIR ACHMAD KUMAINI, ABU JABIR ACHMAD KUMAINI (2019) ANALISA PERBEDAAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM DEPAN ORIGINAL DENGAN IMITASI PADA KENDARAAN ISUZU PANTHER TBR 541. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Tugas Akhir (A.K 20135.13.04.07.0.002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

ABSTRAK Kumaini, Abu Jabir Achmad, 2018. Analisa Perbedaan Laju Keausan Kampas Rem Depan Original Dengan Imitasi Pada Kendaraan Isuzu Panther TBR 541. Skripsi / tugas akhir, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Luthfi Hakim. S, Pd., MT. Pembimbing II : Achmad Rijanto, ST., MT. Keselamatan adalah bagian yang terpenting dalam dunia otomotif, salah satunya adalah sistem pengeriman pada mobil, dengan semakin beragamnya tipe,dan merk mobil sehingga kebutuhan akan spare parts otomotif juga semakin meningkat, salah satu komponen mobil yang perlu diperhatikan adalah kampas rem. Kanpas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya mobil. Untuk mendapatkan pengereman yang maksimal maka dibutuhkan kampas rem dengan kemampuan pengereman yang baik. Oleh sebab itu,maka dilakukan penelitian tentang “analisa perbandingan laju keausan kampas rem depan imitasi dengan original pada kendaraan ISUZU PANTHER TBR 541”Prinsip keja rem adalah merubah energi gerak menjadi energi panas. Umumnya rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek / benda. Rem cakram pada dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat dari besi tuang yang berputar dengan roda dan mahan gesek (dalam hal ini disc pad) yang mendorong dengan menjepit cakram. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara discpad dan cakram, Pad (disc pad) terbuat dari campuran metallic fiber dan serbuk besi, yang disebut semi-metallic disc pad. Pada pad diberi celah untuk menunjukkan tebal batas pad yang diijinkan (mempermudah pemeriksaan). Pada beberapa pad terdapat anti squel shim yang berfungsi untuk mencegah bunyi saat pengereman, dan pad wear indicator untuk menginformasikan keausan pad yang sudah tipis. Kata kunci : Rem, Cakram, Keausan, Pad.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Rem, Cakram, Keausan, Pad
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Mechanical Engineering
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:57
Last Modified: 04 Apr 2019 02:31
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item