AGATHA CAHYA PUTRA, AGATHA CAHYA PUTRA (2019) GAME EDUKASI DENGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) MAKER UNTUK KELAS 2 SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.
Text
File Tugas Akhir Game Edukasi Dengan Role Playing Game (RPG).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Jurnal Tugas Akhir Game Edukasi Dengan Role Playing Game (RP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Putra, Agatha Cahya. 2018. Game Edukasi Dengan Role Playing Game (RPG ) Maker Untuk Kelas 2 SD. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM ). Pembimbing I : Ronny M. A., S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Soffa Zahara, S.T., M.T. Game di mata masyarakat Indonesia lebih cenderung sebagai media penghibur dari pada sebagai media pembelajaran. Akibatnya aplikasi Game bukan memberi dampak yang positif terhadap anak tetapi memberi dampak negatif kepada anak karena anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game dari pada belajar. Oleh karena itu sangat penting untuk memposisikan game sebagai media pembelajaran. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang menggabungkan antara dua dunia yaitu dunia belajar dan dunia bermain, dengan kata lain pengguna khususnya anak kelas 2 SD dapat belajar melalui sebuah permainan. “Game edukasi dengan Role Playing Game (RPG )Maker Untuk Kelas 2 SD” adalah game edukasi yang menceritakan tentang sebuah perjalanan seorang pendekar dengan latar belakang sebuah kastil dan padang rumput hijau. Di tengah-tengah perjalanan pemain akan menemui orang-orang yang masing-masing orang tersebut akan menanyakan sebuah pertanyaan yang meliputi soal-soal perhitungan, menebak nama buahbuahan dan menebak nama hewan-hewan. “Game edukasi dengan Role Playing Game (RPG )Maker Untuk Kelas 2 SD” dibuat menggunakan aplikasi Role Playing Game (RPG ) Maker MV dan dilakukan menggunakan metode dokumentasi dengan beberapa tahapan yaitu tahapan mengumpulkan dokumendokumen yang berkaitan dengan penelitian, tahapan analisis kebutuhan, tahapan desain dan tahapan rancangan game. Pengujian kelayakan game akan melalui 2 pengujian yaitu pengujian black box dan pengujian kuisioner. Berdasarkan hasil pengujian black box bahwa aplikasi “Game edukasi dengan Role Playing Game (RPG )Maker Untuk Kelas 2 SD” secara fungsional mengeluarkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian yang kedua adalah pengujian kuisioner yaitu berdasarkan hasil pengujian kuisioner diperoleh nilai prosentase sebesar 80,35% yang termasuk dalam kategori layak. Kata kunci : Game Edukasi, Pendidikan, Anak, Role Playing Game (RPG) Maker
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Pendidikan, Anak, Role Playing Game (RPG) Maker |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer and Information Technology |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 07:07 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 02:18 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/212 |
Actions (login required)
View Item |