PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PADA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN CANDI DI MOJOKERTO BERBASIS AUGMENTED REALITY

ANDRI BAYU SETIAWAN, ANDRI BAYU SETIAWAN (2019) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PADA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN CANDI DI MOJOKERTO BERBASIS AUGMENTED REALITY. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
A. TA_Andri Bayu Setiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
B. JURNAL_Andri Bayu Setiawan.pdf

Download (852kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Andri Bayu, 2018. Perancangan Buku Interaktif Pada Pengenalan Dan Pembelajaran Candi Di Mojokerto Berbasis Augmented Reality. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Ronny M. A., S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Soffa Zahara, S.T., M.T. Buku merupakan sumber ilmu yang didalamnya terdapat banyak informasi. Tetapi karena perkembangan zaman ketertarikan terhadap buku mulai menurun dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, hal itu memicu kurangya minat baca. Dalam Penelitian ini difokuskan pada sebuah aplikasi dan buku interaktif, penggunaan buku interaktif sebagai media pengenalan dan pembelajaran yang diintegrasikan dengan Augmented Reality memunginkan masyarakat untuk dapat meningkatkan minat dalam mempelajari candi di Mojokerto. Buku interaktif dirancang dengan teknik marker based sehingga tampilan antarmuka lebih menarik. Buku interaktif menggunakan virtual button dimana user dapat berinterkasi dengan buku fisik melalui sentuhan pada buku. Dalam penelitian ini menggunakan buku interaktif sebagai media yang memunculkan informasi model 3D yang merepresentasikan objek candi yang sesungguhnya, audio dan teks sebagai tambahan pelengkap infomasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang diimplementasikan pada buku interaktif dengan bantuan smartphone, dalam pembuatan aplikasi menggunakan beberapa software yaitu Adobe Audition, Google SketchUp, Unity3D dan library Vuforia. Hasil pengujian kuesioner terhadap aplikasi dan penggunaan media buku interaktif dari 10 responden masuk pada kategori sangat baik dengan presentase 84,93% . Keyword : Augmented Reality, Interactive Book, Marker Based, Virtual Button

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Interactive Book, Marker Based, Virtual Button
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:39
Last Modified: 04 Apr 2019 02:14
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item