OPTIMASI PENETUAN RUTE SALES PENGIRIMAN BERDASARKAN JARAK DENGAN METODE SIMPLE HILL CLIMBING ( STUDI KASUS CV MAJU JAYA )

CITRA PUSPITASARI, CITRA PUSPITASARI (2019) OPTIMASI PENETUAN RUTE SALES PENGIRIMAN BERDASARKAN JARAK DENGAN METODE SIMPLE HILL CLIMBING ( STUDI KASUS CV MAJU JAYA ). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
TUGAS AKHIR CITRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal CITRA.pdf

Download (920kB)

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, Citra. 2018. Optimasi Penentuan Rute Sales Pengiriman Berdasarkan Jarak Dengan Metode Simple Hill Climbing Studi Kasus CV Maju Jaya. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Yesy Diah Rosita, S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Yunita Prastyaningsih, S.Kom., M.Kom. Pencarian suatu rute optimal merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam proses pengiriman barang. Sebagai contoh adalah seorang sales pengiriman yang bertugas mengirimkan barang ke beberapa toko dengan jarak yang jauh dan harus tepat agar tidak mengulangi jalan yang sama membuat sebuah hambatan tersendiri bagi sales tersebut ditambah dengan toko yang berganti ganti setiap harinya membuat kadang seorang sales menjadi lupa dimana letak toko tersebut. Sehingga dengan adanya hal tersebut dibuatlah satu aplikasi yang berfungsi menentukan pengiriman toko dan membuat sebuah rute baru yang lebih cepat berdasarkan jarak yang lebih pendek dari rute yang sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu meringankan pekerjaan sales dan memberi informasi lokasi toko jika sales tersebut belum mengetahuinya. Pada pembuatan perangkat lunak ini digunakan sebuah aplikasi berbasis website dengan metode simple hill climbing, metode simple hill climbing yaitu metode yang hampir sama dengan metode pembangkitan dan pengujian, hanya saja proses pengujian dilakukan dengan menggunakan fungsi heuristik. Dimana dalam aplikasi yang dibuat hanya mempertimbangkan jarak yang ada tanpa mempertimbangkan kondisi aktual jalan serta waktu kunjung yang dibutuhkan sales dalam melakukan pengiriman. Kata kunci: Optimasi Penentuan Rute, Simple Hill Climbing,

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Optimasi Penentuan Rute, Simple Hill Climbing,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:29
Last Modified: 04 Apr 2019 02:06
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item