PERANCANGAN DATA MINING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALOGARITMA C 4.5 UNTUK KLASIFIKASI KECANDUAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK (STUDY KASUS PT JATIM TAMAN STEEL)

HENNY TRI WULANDARI, HENNY TRI WULANDARI (2019) PERANCANGAN DATA MINING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALOGARITMA C 4.5 UNTUK KLASIFIKASI KECANDUAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK (STUDY KASUS PT JATIM TAMAN STEEL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
laporan skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (491kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Hennytri. 2018. Perancangan data mining berbasis web menggunakan alogaritma c 4,5 untuk klasifikasi kecanduan sosial media facebook (study kasus PT JATIM TAMAN STEEL). Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Ir Luki Ardiantoro,M.T. Pembimbing II : Dinarta Hanum,S.Si.,M.Si. Pencarian data kecanduan sosial media facebook yang diketahui mempengaruhi kinerja karyawan PT JATIM TAMAN STEEL, perhitungan kecanduan menggunakan alogaritma C 4,5 karena disinyalir dapat melakukan perhitungan dengan sederhana dan akurat.Alogaritma C 4,5 berjalan dengan cara menghitung entorpy dari macam-macam atribut yang akan menghasilkan gain. Aplikasi ini mnghasilkan informasi berupa pohon keputusan dan aturanaturan ( rule ) yang berguna saat melakukan analisa kecanduan pada sosial media yang dibagi menjadi empat kecanduan yaitu polos ( tidak kecanduan), awam (batas aman),depresi (harus hati-hati) dan akut (batas bahaya). Setiap keputusan yang dihasilkan adalah hasil keseimbangan dari nilai input dan rule yang dihasilkan dari proses mining kecanduan sosial media.Sedangkan atribut yang digunakan ada 7 atribut yaitu jenis_kelamin, umur, bagian,jawaban A, jawaban B, jawaban C dan jawaban D. Bahasa yang digunakan dalam proses pencarian perhitungan kecanduan adalah bahasa PHP (Hypertext Prepocessor).perancangan menggunakan metode perancangan UML (Unified Modeling Language). Tingkat akurasi dalam perhitungan ini mencapai 77,5% dari 100 data kasus yang didapatkan. Data testing ada 75 dan data training ada 25. Kata kunci: Alogaritma C 4.5, PHP, MySQL,data mining

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Alogaritma C 4.5, PHP, MySQL,data mining
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 06 Mar 2019 05:47
Last Modified: 04 Apr 2019 01:29
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item