PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN SEKOLAH (STUDI KASUS: SMK NASIONAL DAWARBLANDONG)

KHOIRUL IMAM THOHARI, KHOIRUL IMAM THOHARI (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN SEKOLAH (STUDI KASUS: SMK NASIONAL DAWARBLANDONG). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
TA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
PAPER.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Thohari, Khoirul Imam, 2018. Penerapan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Sekolah (Studi Kasus SMK Nasional Dawarblandong). Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Ronny Makhfuddin Akbar., S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Soffa Zahara, S.T., M.T. Kegiatan promosi merupakan proses yang setiap tahun dilakukan oleh pihak sekolah untuk melakukan penjaringan siswa, berbagai macam informasi sekolah disampaikan dengan tujuan agar calon siswa tertarik dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah tersebut. Proses penyampaian informasi setiap tahun tidak pernah berubah dan memberikan kesan yang biasa-biasa saja oleh karena itu peneliti mengembangkan media pengenalan sekolah dengan menerapkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality pada SMK Nasional Dawarblandong (SMK Nada) agar kegiatan promosi sekolah lebih menarik dan interaktif. Virtual Reality atau realitas maya merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh computer, sedangkan Augmented Reality atau realitas tambahan merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality kepada masyarakat khususnya calon siswa SMK Nasional Dawarblandong. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Hasil penelitian berupa desain 3D dari gedung SMK Nasional yang dibuat dengan menggunakan Google SketchUp yang kemudian diolah dengan game engine Unity3D dengan plugin GVR dan Vuforia kemudian di-build untuk perangkat Android. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan Smartphone Android versi 4.4 ke atas dan memiliki sensor accelerometer dan gyroscope. Hasil dari pengujian yang dibuktikan dengan kuisioner menunjukan bahwa aplikasi SMK Nada 3D dapat diterima oleh responden dengan persentase kepuasan responden 88.1%. Saran yang diajukan berdasarkan keterbatasan penelitian yaitu dapat dikembangkan dengan menambahkan animasi, karakter 3D dan dioptimalkan penggunaan teks 3D pada label untuk setiap gedung. Kata kunci: SMK Nasional Dawarblandong, Augmented Rality, Virtual Reality, Interaktif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: SMK Nasional Dawarblandong, Augmented Rality, Virtual Reality, Interaktif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:16
Last Modified: 02 Apr 2019 07:43
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item