APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK PAUD BERBASIS ANDROID

Mohammad Danang Saputra 5.12.04.11.0.087, Mohammad Danang Saputra 5.12.04.11.0.087 (2019) APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK PAUD BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DANANG.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Danang Saputra, Mohammad, 2018. Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Untuk Anak PAUD Berbasis Android. Tugas akhir, Program Studi Teknik, Fakultas Teknik Informatika, Universitas Islam Majapahit (UNIM ). Pembimbing I : Mimin Fatchiyatur Rohmah, ST., M. Si Pembimbing II : Fajar Indra Kurniawan, M.Kom Dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat dan telah memasuki segala aspek kehidupan. Dalam dunia belajar mengajar contohnya, dahulu semua orang mengumpulkan informasi menggunakan media manual, atau mencatat menggunakan buku yang tebal. Sehingga setiap hari hampir tidak terhitung berapa banyak lembar kertas buku yang dihabiskan. Di masa sekarang proses belajar mengajar banyak yang sudah menggunakan komputer jinjing (laptop ) dan smartphone untuk mengumpulkan informasi juga mencari informasi, sehingga tidak perlu repot membawa banyak buku lagi. Akan tetapi Pendidikan pada usia dini masih jarang yang tersentuh teknologi jaman sekarang. Karena sebagian besar masyarakat masih mengira bahwa teknologi masih banyak membawa pengaruh negatif sehingga anak usia dini masih belum bias memilah dan memilih teknologi yang baik untuk mereka sendiri. Dengan berkembangnya teknologi informasi, sarana pengenalan hewan dapat dilakukan menggunakan perangkat berupa personal computer, Laptop maupun smartphone. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan mempermudah anak usia dini dalam mengenal beberapa jenis hewan. apalagi di era modern saat ini dimana gadget seperti tablet dan smartphone sudah dikenali oleh anak-anak usia dini maupun usia taman kanak- kanak, yang menyebabkan anak-anak lebih suka bermain gadget daripada belajar dengan buku. Oleh karena itu penulis ingin membuat aplikasi pembelajaran untuk anak usia dini yang menarik namun dapat memberi hasil positif bagi mereka. Aplikasi yang dibuat yaitu sebuah aplikasi “Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Untuk Anak PAUD Berbasis Android ”. Dimana pada usia dini tentunya orang tua ingin mengenalkan berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar lingkungan, baik yang jinak maupun berbahaya. Sehingga mereka dapat mengerti hewan apa saja yang jinak dan dapat di dekati dan mana saja yang berbahaya sehingga tidak boleh untuk di dekati. Pengenalan hewan kepada anak juga dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas Kata kunci : Augmented Reality, Android, Unity3D, Blender 3D, Hewan, CorelDraw, PAUD

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Unity3D, Blender 3D, Hewan, CorelDraw, PAUD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:23
Last Modified: 02 Apr 2019 07:39
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item