ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN KOIL STANDAR DAN KOIL RACING

zuhri, muhamad saifudin, 51604070024 and RIJANTO, ACHMAD/0703057001 and dyah, atika isnaining (2020) ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN KOIL STANDAR DAN KOIL RACING. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Sampul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Di dunia otomotif untuk meningkatkan performa mesin bisa dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari sistem pengapian guna memperbesar percikan bunga api dari busi agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi meningkat. Oleh karena itu penggunaan koil racing sebagai piranti yang bertugas untuk memperkuat percikan bunga api pada busi diharapkan mampu meningkatkan daya secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang cenderung mendapatkan data yang sesuai dengan fakta di lapangan langsung. Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui kelebihan menggunakan koil racing. (2) Untuk mengetahui dampak positif dan negatif menggunakan koil racing. (3) untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi motor yang menggunakan koil racing. Obyek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah motor vario 125. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya terendah yang dihasilkan koil standar adalah 1.5 Hp pada putaran mesin 2000 rpm dan daya tertinggi yang dihasilkan adalah 11,75 Hp pada putaran mesin 9128 rpm. Sedangkan daya terendah yang dihasilkan koil racing adalah 1.5 Hp pada putaran mesin 2000 rpm dan daya tertinggi yang dihasilkan adalah 111.83 Hp pada putaran mesin 9026 rpm. Sedangkan torsi terendah yang di hasilkan koil standar adalah 1.5 N.m pada putaran 2000 Rpm dan torsi tertinggi yang di hasilkan adalah 9.12 N.m pada putaran mesin 6612 Rpm. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa daya dan torsi yang dihasilkan koil racing pada sepeda motor lebih tinggi dari pada daya dan torsi yang di hasilkan koil standar

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Koil standar, koil racing, daya, torsi, speda motor
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Divisions: Faculty of Engineering > Mechanical Engineering
Depositing User: MUHAMAD SAIFUDIN ZUHRI
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:50
Last Modified: 10 Dec 2020 03:50
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item