PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALITY MELALUI CUSTOMER TRUST (STUDI PADA GRAPARI TELKOMSEL MOJOKERTO)

Mursidi, Kharisudin, 51602030036 and Hidayat, M. Syamsul,0721057003 and Utami, Budi, 0719097101 (2020) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALITY MELALUI CUSTOMER TRUST (STUDI PADA GRAPARI TELKOMSEL MOJOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mursidi, Kharisudin, 2020. Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Customer Loyality melalui Customer Trust Studi pada Pusat GraPARI Telkomsel Mojokerto. Skripsi atau Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : M. Syamsul Hidayat, SE.,MM Pembimbing II : Budi Utami, SE., MM Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang harus dilaksanakan oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya. Dengan fungsi pemasaran yang baik, perusahaan memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan ialah dengan menjalin hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan. Perusahaan yang mengimplementasi hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan atau Customer Relationship Marketing mampu menumbuhkan Customer Trust atau kepercayaan pelanggan sehingga mampu mengakibatkan munculnya loyalitas pelanggan atau Customer Loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing dan Customer Trust secara parsial terhadap Customer Loyality serta pengaruh tidak langsung atau melalui Customer Trust pada pelanggan GraPARI Telkomsel Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan asosiatif kausal. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yang lebih jelasnya ialah purposive sampling dan penghitungannya pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dalam (Nasrulhak:2016). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengguna telkomsel yang melakukan pembelian di GraPARI lebih dari satu kali yaitu sebanyak 145 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Customer Relationship Marketing dan Customer Trust memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Customer Loyality, serta variabel Customer Trust berperan positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh antara Customer Relationship Marketing tehadap Customer Loyality yakni sebesar 0,296 lebih besar dari taraf signifikan 0,05, artinya Customer Trust memiliki pengaruh Path yang kuat. Kata Kunci : Customer Relationship Marketing, Customer Trust, Customer Loyality

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Marketing, Customer Trust, Customer Loyality.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Economics > Management
Depositing User: Pengaruh Mursidi, Kharisudin Sr
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:59
Last Modified: 17 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item