STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MASA PANDEMI VIRUS COVID-19 (Studi Kasus pada PT. Tunas Dwipa Matra Mojosari)

Rahayu, ,0713056802 and Hartono, 0725026001 and Setyariningsih, Eny, 0702076901 and Rohmaniyah, Annisa Nur, 51702030004 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MASA PANDEMI VIRUS COVID-19 (Studi Kasus pada PT. Tunas Dwipa Matra Mojosari). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rohmaniyah, Annisa’ Nur. 2021, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Masa Pandemi Virus Covid-19 (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Mojosari). Skripsi/ tugas akhir, Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Hartono, SE., MM Pembimbing II : Eny Setyariningsih, SE, MM Dewasa ini, kemajuan dunia otomotif menunjukkan bahwa persaingan antar bisnis semakin ketat dan mengarah kepada penguasaan pasar secara luas. Segala strategi diterapkan untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar. PT. Tunas Dwipa Matra merupakan salah satu dealer resmi sepeda motor Honda yang berada di Mojokerto, sejak adanya pandemi virus covid-19 volume penjualan mengalami penurunan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan juga mengumpulan dokumen dari data penjualan beberapa tahun kebelakang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif strategi untuk meningkatkan volume penjualan, dimana pada tahun 2020, yaitu pada awal adanya pandemi virus covid-19, penjualan di perusahaan mengalami penurunan sebesar 1.426 unit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis SWOT dengan melakukan identifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu pada strategi growth atau strategi integrase vertikal dengan peluang pengembangan usaha yang kuat dan memperluas usaha secara lebih fokus sehingga dapat meningkatkan penjualan. Saran yang dapat diberikan adalah lebih agresif dalam melakukan promosi serta meningkatkan keahlian pemasaran untuk sales lapangan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, COVID-19 ABSTRACT Rohmaniyah, Annisa’ Nur. 2021, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Masa Pandemi Virus Covid-19 (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Mojosari). Thesis, Marketing Management Study Program, Faculty of Economics, Majapahit Islamic University (UNIM). Advisor I : Hartono, SE., MM Advisor II : Eny Setyariningsih, SE, MM Nowadays, the progress of the automotive world shows that competition between businesses is getting tougher and leads to broad market domination. All strategies are applied to seize a larger market share. PT. Tunas Dwipa Matra is one of the official Honda motorcycle dealers in Mojokerto, since the COVID-19 pandemic, sales volume has decreased significantly. This study aims to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats. This study used descriptive qualitative method. Sources of data in this study using purposive sampling and data collection techniques in this study, namely observation, interviews, and also collecting documents from sales data several years back. This study aims to find alternative strategies to increase sales volume, where in 2020, namely at the beginning of the covid-19 virus pandemic, sales in the company decreased by 1,426 units. The data analysis technique used is the SWOT analysis technique by identifying the company's internal and external factors. The results of this study indicate that the company's position is in quadrant I, namely the growth strategy or vertical integration strategy with strong business development opportunities and expanding the business in a more focused manner so as to increase sales. Suggestions that can be given are to be more aggressive in promoting and increasing marketing skills for field sales. Keyword : Marketing Strategy, SWOT Analysis, COVID-19

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, COVID-19
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Economics > Management
Depositing User: Annisa Nur Rohmaniyah
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:34
Last Modified: 10 Nov 2021 08:34
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3120

Actions (login required)

View Item View Item