RANCANGAN STRATEGI KOLABORASI PENGEMBANGAN UMKM KRIPIK “ASA” MENGGUNAKAN METODE SWOT

Mokhamad Rizky Firmansyah, Rizky (2021) RANCANGAN STRATEGI KOLABORASI PENGEMBANGAN UMKM KRIPIK “ASA” MENGGUNAKAN METODE SWOT. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
COVER- M.Rizky.F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img]
Preview
Text
BAB1- M.Rizky.F.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB2- M.Rizky.F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB3-M.Rizky.F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB4- M.Rizky.F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img]
Preview
Text
BAB5- M.Rizky.F.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka- M.Rizky.F.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
Lampiran M.Rizky.F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor – factor kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman pada UMKM ASA dan menenentukan strategi kolaborasi yang optimal dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing UMKM keripik ubi “ASA”. Informasi yang dipilih adalah UMKM Keripik Ubi “ASA” di Desa Sajen Kecamatan Pacet. Analisis yang di gunakan adalah analisis SWOT dan penelitian riset sistem informasi dari Havner dkk. (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1. faktor - faktor Internal yang menjadi kekuatan antara lain: kerukunan pemilik usaha dengan karyawan, modal yang tercukupi, produk yang berkualitas, harga keripik ubi yang relative murah, letak UMKM yang strategis, kemasan bagus pada produk. Selanjutnya untuk kelamahannya yaitu : kurangnya promosi produk dan daerah pemasaran yang masih terbatas. Sedangkan untuk factor – factor yang menjadi peluang: Kecamatan Pacet sebagai daerah tujuan wisata, terdapat pinjaman modal usaha. Untuk ancaman yakni : terdapatnya banyaknya pesaing, luasnya jaringan pesaing, pasokan bahan baku ubi jalar tidak berkelanjutan, daya tawar menawar pembeli yang kuat. 2. Berikut Startegi Pengembangan UMKM keripik ubi “ASA” yang harus di terapkan oleh usahanya : Menjaga kualitas produk keripik ubi yang berbahan baku alami berkualitas tinggi dan bergizi untuk memenuhi permintaan keripik ubi jalar, melakukan perbaikan sistem manajemen industry, memperkuat jaringan dan meningkatkan pemasaran, melakukan pengoptimalan biaya produksi, mengupayakan ketersedian bahan baku secara berkelanjutan, melakukan pengembangan pada produk. 3. Perancangan strategi kolaborasi ada 3 antara lain : kolaborasi klaster industry sesama UMKM kripik, kolaborasi upstream dan dwonstream, kolaborasi kopetensi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Firmansyah, Mohkhamad Rizky
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:32
Last Modified: 22 Nov 2021 06:32
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item