Zumroh, Riska Fathimatul, 51705120031 and Nizar, Muhammad, 2170101004 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2021) PENGARUH METODE SKRIP KOOPERATIF TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH (MTs AN – NAHDLIYYAH MENGELO SOOKO MOJOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (704kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Metode skrip kooperatif merupakan metode pembelajaran yang siswanya saling berpasangan dan bergantian mengintisarikan materi dan memberikan ide - ide. Metode skrip kooperatif mempunyai peluang untuk merangsang siswa berfikir kreatif dan melatih siswa untuk bekerja sama dan dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penggunaan metode skrip kooperatif di MTs An – nahdliyyah mengelo Sooko Mojokerto. 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih Mts An – Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode skrip koopertatif terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih Mts An – Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, obeservasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Keaktifan belajar siswa di kelas eksperimen ada perbedaan yang dominan sebelum maupun sesudah penerapan metode pembelajaran skrip kooperatif dengan jumlah nilai pretest pada siswa yaitu 540 dan posttest 687 dalam hal ini menunjukkan selisih 147 dibuktikan dengan pengujian paired sample t test angka sig(2-tailed) yaitu 0,000 kurang dari 0,05. Sama halnya pada kelas kontrol terjadi perbedaan yang signifikan hasil pretest terdapat nilai 530 dan posttest 548 dengan selisih 18. Keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol sama – sama mengalami perubahan yang signifikan tetapi terdapat perbedaan nilai gain scorenya. nilai gain score kategori eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini berarti penggunaan metode skrip kooperatif lebih tinggi untuk memberi penggaruh keaktifan pembelajaran serta dikuatkan melalui hasil pengujian sample t test nilai gain score yang menunjukkan adanya pebedaan yang signifikan.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Skrip Kooperatif, Keaktifan Belajar |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Zumroh Fathimatul Riska |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 08:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 08:18 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3241 |
Actions (login required)
View Item |