Upaya Penanaman Nilai-nilai Akhlak Siswa dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di SDN Seloliman

Santi, Linda Nur, 51705120017 and Abidin, Chasiru Zainal, 2170101003 and Syaifuddin, 0713128202 (2021) Upaya Penanaman Nilai-nilai Akhlak Siswa dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di SDN Seloliman. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi masa kini, apapun dapat mudah sekali diakses. Banyak dampak positif yang dapat kita rasakan namun banyak pula dampak negatifnya seperti video, gambar porno ataupun hal-hal negative yang dapat mempengauhi akhlak anak.. Tidak hanya saat pembelajaran tatap muka saja penanaman nilai akhlak harus tetap ditanamkan saat pembelajaran jarak jauh. Karena, saat pembelajaran jarak jauh waktu bermai dan durasi anak memegang hp cukup lama, peluang mereka untuk menyimpang cukup besar. Dampingan serta arahan dari orang tua dalam proses pembelajaran dirumah sangat penting. Itulah mengapa kerjasama antara guru dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Fokus dalam penelitian ini ialah 1). Bagaimana Upaya Penanaman Nilai-nilai Akhlak Siswa dalam Proses Pmebelajaran Jarak Jauh. 2). Apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran jarak jauh. Dengan tujuan penelitian 1). Untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam proses pembelajaran jarak jauh. 2).Untuk mendeskripsikan dan menguraikan apa saja kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai akhlak dengan model pembelajaran jarak jauh Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dilakukan di SDN Seloliman Trawas dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan terlibat (Participant Observation), Wawancara Mendalam (Indepth Interview), dan dokumentasi. Sedangkan data yang terkumpul melalui ketiga tehnik tersebut diatas kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan tehnik triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi sejawat. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut : (1). Upaya penanaman nilai akhlak siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan Gerakan Literasi Sekolah, Doktrin positif ajaran Islam(2). Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran jarak jauh antara lain minimnya jaringan, dan siswa yang tidak memiliki hp sendiri. Saran yang pertama,Guru harus lebih meningkatkan strategi penanaman nilai akhlak pada proses pembelajaran jarak jauh. yang kedua, Orang tua harus mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh guru serta mendampingi anak selama proses pembelajaran jaraka jauh. yang ketiga semua guru haru ikut berperan dalam penanaman nilai-nilai akhlak.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai-nilai akhlak, pembelajaran jarak jauh
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Santi Linda Nur
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:15
Last Modified: 22 Nov 2021 08:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item