IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU INTERAKTIF PENGENALAN KEBUDAYAAN LOKAL DAERAH MOJOKERTO BERBASIS ANDROID

Priandini, Refiana Eky, 51704110035 and Ronny, Makhfuddin Akbar, 070907804 and Soffa, Zahara, 0704079101 (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU INTERAKTIF PENGENALAN KEBUDAYAAN LOKAL DAERAH MOJOKERTO BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Banyak sekali media cetak yang mengandung infomasi dan sangat penting untuk dibaca salah satunya adalah buku. Sayangnya buku hanya menyediakan informasi yang dapat dibaca dan terkadang pembaca tidak dapat menerima informasi lebih, terutama informasi mengenai buku kebudayaan daerah karena yang terdapat dalam buku kebudayaan daerah hanya beberapa deskripsi mengenai kebudayaan tersebut dan gambar dalam bentuk 2D. Pada penelitian ini, Augmented Reality (AR) diimplementasikan kedalam bentuk buku cetak yang dibuat dalam pengenalan budaya lokal yang ada di kota Mojokerto provinsi Jawa Timur berbasis ponsel Android, sehingga terlihat lebih menarik dan atraktif untuk dibaca dan dipelajari sebab pembaca juga dapat berperan dalam hal ini. Kebudayaan lokal Mojokerto yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kebudayaan bantengan, ujung, grebeg suro Majapahit. AR dalam konsep marker menawarkan keunggulan dalam penggabungan objek 3D dengan lingkungan realitas, namun hal tersebut harus diimbangi dengan proses pendeteksian marker sebagai objek yang ditampilkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode waterfall dimana peneliti akan melakukan analisa masalah, perancangan sistem dan perangkat lunak, implementasi, pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Augmented Reality Kebudayaan Lokal Mojokerto dengan objek 3D kegiatan kebudayaan sebagai outputnya dengan penilaiaan responden sebanyak 97% artinya aplikasi Augmented Reality untuk buku interaktif pengenalan kebudayaan local Mojokerto termasuk dalam kategori sangat baik. Data uji black box yang meliputi uji kelayakan tombol dan fungsi tmbol semua berjalan dengan baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Kebudayaan Lokal
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Refiana Eky Priandini
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:32
Last Modified: 29 Nov 2021 03:32
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item