Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Berbasis Android

Ferdian, Ardika and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Yanuarini, N.S., 0714018304 (2021) Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Berbasis Android. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Orang tua saat ini banyak yang memperbolehkan anaknya memakai gadget pada keseharian mereka salah satunya untuk kebutuhan sekolah online, dari gadget tersebut anak sekolah jaman sekarang menghabiskan waktu untuk bermain game daripada memanfaatkan waktunya untuk belajar. Saat ini sebagian besar anak-anak tidak mengenal siapa saja pahlawan nasional dan ironisnya mereka lebih mengenal artis yang populer baik dari negara sendiri maupun artis dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan game yaitu Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional berbasis Android dengan menyisipkan unsur edukasi pengenalan latar belakang dan perjuangan para pahlawan nasional yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Pembuatan game edukasi pengenalan tokoh pahlawan ini menggunakan Unity Game Engine. Game ini terdapat 2 mode yang berbeda yaitu mode puzzle dan mode quiz dimana pada setiap mode diberi batasan waktu yang berbeda sesuai tingkat kesulitan yang dipilih untuk menyelesaikan game. Perangkat pemodelan yang digunakan adalah use case diagram, activity diagrams dan squence diagrams. Pengujian dilakukan dengan menguji fungsionalitas game pada berbagai perangkat Android yang berbeda, uji coba menu utama, menu pilihan jenis game, menu pilihan wilayah, menu pilihan tokoh pahlawan, menu puzzle, menu quiz, menang dan kalah. Hasil penerapan game pengenalan tokoh pahlawan nasional ini menujukkan bahwa aplikasi game dapat digunakan untuk mengatasi masalah kurangnya pengetahuan anak terhadap pahlawan nasional. Ditinjau dari hasil kuisioner pengujian didapatkan 35 responden dengan hasil presentase yaitu sebesar 90.85% yang termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Ardika Ferdian
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:37
Last Modified: 24 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item View Item