Maulana, Dicky,51703050019 (2021) POLA KOMUNIKASI PERSUASIF MAKELAR MOBIL DI AREA MOJOKERTO DAN SEKITARNYA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
Abstract
Makelar mobil merupakan seseorang yang menjadi perantara dalam hal jual beli mobil baru ataupun bekas dan lebih mendapatkan banyak keuntungan. Sebutan dari makelar juga digunakan banyak orang untuk menjual barang klien dengan mencari keuntungan sendiri dan menghindari resiko yang akan dihadapi. Dengan begitu makelar mobil juga bisa disebut dengan perantara yang memudahkan terlaksananya proses jual beli mobil. Fenomena yang saat ini terjadi adalah kebanyakan makelar mobil di Mojokerto sering menggunakan proses komunikasi persuasif untuk melakukan transaksi jual beli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dengan makelar mobil di Area Mojokerto dan sekitarnya. Hasil yang diperoleh adalah hasil analisis dari wawancara penulis dengan penulis jika dilihat dari segi komunikasi persuasif didasar oleh komponen – komponen yang dapat mempengaruhi konsumen. Komponen tersebut adalah Kognitif merupakan sikap dari komunikator dengan apa yang diketahui oleh komunikator terhadap objek. untuk melakukan hal yang mereka inginkan sebagai penjual hendaknya harus menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen apalagi jika konsumen sudah berada di tingkat kebingungan. Totok Santoso, Yunan dan Dika selaku makelar mobil pun harus tau bagaimana gaya kamunikasi yang pas untuk menghadapi konsumen seperti ajak konsumen mengobrol dan berbicara seputar mobil dengan konsumen. Hal tersebut menjadi nilai positif yang diproleh dari hal itu yakni konsumen akan merasa puas dengan penjelasan makelar. Afektif merupakan kecenderungan komunikan terhadap objek yang diperkenalkan komunikator antara suka atau tidak suka. Pada tahap ini Totok Santoso, Yunan, dan Dika akan memperkenalkan produk mobil tersebut kepada konsumen, meliputi keunggulan mobil tersebut, kondisi mesin, dan tahun keluarnya moobil tersebut. Konatif merupakan tindakan yang dilakukan oleh komunikator agar komunikan dapat percaya secara langsung. Tindakan yang dilakukan Toto, Yunan dan Dika selaku makelar mobil adalah dengan menunjukkan secara langsung kondisi mobil tersebut, dan melakukan uji coba kelayakan mobil tersebut. Ketika uji coba kelayakan tersebut dilakukan maka yang ada pada pemikiran konsumen adalah bahwa mobil tersebut sangat cocok dan dapat digunakan dalam kondisi yang memungkinkan akan terjadi. Tetapi dalam komunikasi persuaisf terdapat salah satu elemen teori yang menjadi keberhasilan pola komunikasi persuaisf makelar mobil Mojokerto, elemen tersebut adalah teori kredibilitas. Tanpa adanya teori kredibilitas komunikasi persuasif Makelar mobil Mojokerto akan gagal. Dalam teori kredibilitas terdapat 3 komponen yang membuat komunikasi persuasif makelar mobil berjalan dengan sempurnya, berikut 3 komponen tersebut Keahlian (expertise). Dalam melakukan komunikasi konsumen, Bapak Totok, Yunan dan Dika harus menampilkan keahlian mereka dalam berkomunikasi untuk mempromosikan mobil yang mereka jual kepada konsumen, dan mereka semua harus bertindak sebagai makelar yang berpengalaman agar konsumen akan menganggap mereka sebagai makelar yang professional. cerdas, berpengalaman, dan terlatih untuk mempengaruhi komunikan dengan memiliki kredibilitas yang tinggi. Dapat dipercaya (trutstworthiness). Dalam hal ini makelar mobil Totok, Dika, dan Yunan harus dapat dipercaya dari konsumen, sikap kepercayaan konsumen kepada makelar saat makelar mobil Totok, Dika, dan Yunan mencoba dan membuktikan kualitas mesin mobil mereka. Daya tarik (likability). Ketika makelar mobil Totok, Yunan, dan Dika melakukan komunikasi persuasif kepada konsumen, mereka harus berpakaian rapi dan enak dipandang, sehingga akan timbul daya tarik yang membuat konsumen semakin percaya kepada makelar mobil tersebut. Kata Kunci : Makelar Mobil, Komunikasi Persuasif, Kredibilitas
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Makelar Mobil, Persuasif |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences |
Depositing User: | Mochamad Dicky Maulana |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 05:55 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 05:55 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3448 |
Actions (login required)
View Item |