PEMBUATAN GAME SIDE SCROLLING 2D “PERJUANGAN RANGGALAWE UNTUK KERAJAAN MAJAPAHIT” BERBASIS ANDROID

Effendy, Princess Viola Jessica, 51704110033 and Akbar, Ronny Makhfuddin, 0709078604 and Sukmaningtyas, Yanuarini Nur, 0714018304 (2021) PEMBUATAN GAME SIDE SCROLLING 2D “PERJUANGAN RANGGALAWE UNTUK KERAJAAN MAJAPAHIT” BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini masyarakat banyak tidak mengetahui sejarah dari beberapa kerajaan – kerajaan diindonesia, salah satunya adalah Kerajaan Majapahit. Masyarakat kurang tertarik untuk mengetahui sejarah – sejarah perjuangan para pendiri kerajaan seperti tokoh – tokoh yang membatu mendiri Kerajaan Majapahit yaitu Ranggalawe yang berjuang membantu Raden Wijaya untuk mendirikan Kerajaan Majapahit. Dikarenakan pengenalan sejarah saat ini diindonesia masih dilakukan dengan media dari buku sejarah dan video animasi yang kurang menarik masyarakat terutama anak – anak dan remaja. Akan tetapi mereka lebih mengenal mitologi diluar indonesia dikarenakan cerita mitologi tersebut diadaptasi kedalam sebuah game yang lebih menarik minat masyarakat, karena masyarakat lebih memilih mengenal suatu tokoh dari sebuah video game. Pada masa perkembangan saat ini game menjadi alternatif hiburan dari berbagai kalangan untuk mengusir rasa kebosanan dan kejenuahan. Untuk membangkitkan minat masyarakat akan sejarah kerajaan diindonesia khususnya Kerajaan Majapahit, maka penulis ingin membangun suatu game yang berisikan perjuangan ranggalawe dalam membantu membangun kerajaan majapahit. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan game sejarah Majapahit ini adalah Multimedia Development Lite Cycle (MDLC). Dari penelitian ini didapatkan sebuah game dengan tema “Perjuangan Ranggalawe untuk Kerajaan Majapahit” yang dapat mengenalkan salah satu sejarah Tokoh yang memiliki peran atas berdirinya Kerajaan Majapahit kepada masyarakat luas serta menambah pengetahuan akan sejarah tersebut. Dalam uji coba game ini berkategori sangat baik dan baik dengan rincian : (1) persentase 86,667% sangat baik untuk menarik dimainkan, (2) persentase 86% sangat baik untuk menarik pengguna untuk mengenal sejarah tokoh Ranggalawe, (3) persentase 83,333% sangat baik untuk mudah dimainkan, (4) persentase 81,333% sangat baik untuk tampilan game, (5) persentase 79,333% baik untuk kepuasan. Berdasarkan hasil uji coba minat akan mengenal sejarah tokoh Ranggalawe maka game ini sangat baik untuk media menumbuhkan minat akan sejarah tokoh Ranggalawe.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game, Android, 2 Dimensi, Side Scrolling, Sejarah, Ranggalawe
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Princess Viola Jessica Effendy
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:36
Last Modified: 30 Nov 2021 02:36
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item