Suryani, Iffatuzzulfa,51705120014 and Ratno,, 2170101001 and Saifuddin, 0713128202 (2021) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs AN-NAHDLIYYAH MENGELO SOOKO MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas islam majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi kepribadian guru merupakan kompetensi yang berkaitan dengan pribadi diri seorang guru yang mempunyai nilai-nilai baik sehingga menjadi tauladan terhadap siswa dalam proses belajar mengajar. Para ahli sependapat dalam pemahaman perilaku belajar peserta didik yang dapat dilihat dari kebiasaan, keterampilan, pengamatan, dan berfikir rasional yang dilakukan peserta didik. Sehingga guru diharapkan menjadi model manusia yang memiliki tekat dalam mengembangkan pendidikan terutama dalam memahami perilaku belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1) mengetahui kompetensi kepribadian guru di MTs An-Nahdliyyah. 2) mengetahui perilaku belajar peserta didik di MTs An-Nahdliyyah. 3) mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku belajar peserta didik di MTs An-Nahdliyyah. Berdasarkan bentuknya, Penelitian ini mencakup jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas.. Setelah dilaksanakan analisa mendalam, hasil penelitian ini menunjukkan :1) Kompetensi kepribadian guru MTs An-Nahdliyyah dapat dilihat dari hasil rata-rata skor jawaban kuisioner sebesar 38,2 yang terletak diantara 29-40 yang termasuk pada kriteria cukup. 2) Perilaku belajar peserta didik MTs An-Nahdliyyah dapat dilihat dari hasil rata-rata skor jawaban kuisioner sebesar 33,6 yang terletak diantara 29-40 yang termasuk pada kriteria cukup. 3) Adanya hubungan yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku belajar peserta didik di MTs An-Nahdliyyah. Dapat dilihat dari hasil uji korelasi dengan membandingkan r tabel, karena r tabel sama dengan 68 responden dan tingkat signifikan kesalahannya 5% maka r tabel = 0,235. Dari hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung 0,291 > r tabel 0,235), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Menurut kriteria koefisien korelasi, maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi dengan kriteria rendah. Dari serangkaian hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku berlajar peserta didik. Kata Kunci : Hubungan, Kompetensi Kepribadian, Perilaku Belajar
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Kompetensi Kepribadian, Perilaku Belajar |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Iffatuzzulfa Suryani |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 07:16 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 07:16 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3519 |
Actions (login required)
View Item |