EDUKASI COVID-19 TERHADAP ANAK SD BESERTA PENCEGAHANNYA BERBASIS GAME

dinata, arya, 51704110010 and Rohmah, Mimin Fatchiyatur, 0706067001 and Yanuarini, N.S., 0714018304 (2021) EDUKASI COVID-19 TERHADAP ANAK SD BESERTA PENCEGAHANNYA BERBASIS GAME. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa virus Covid-19 ini adalah virus yang ganas dan tidak pilih-pilih korban yang diserangnya. Terutama dikalangan anak-anak juga rentan terkena virus ini. Karena minimnya kesadaran dari anak-anak. Dikarenakan hal berikut penulis berinisiatif membuat terobosan yang sesuai untuk solusi keadaan diatas yakni membuat sebuah game yang bisa digunakan bermain sambil belajar. Untuk membuat game dibutuhkan sebuah kajian pustaka karena dapat menjadi patokan, referensi, maupun sebagai penguat penelitian yang sedang dilakukan penelti. Dengan adanya kajian pustaka peneliti juga dimudahkan dengan adanya pemahaman serta topik yang sama maupun tema tersebut. Untuk perancangan gamenya sendiri mengunakan metode RnD yang dirasa mudah dikembangkan dan untuk mode permainannya ada tiga yakni esay, drag dan puzzle selain itu terdapat beberapa fitur yang membuat pemain tertantang yaitu fitur timer dan nyawa. Dimana cara kerja fitur tersebut jika nyawa dari game habis maka akan mengulangi lagi dari awal game, dan untuk timernya sendiri digunakan patokan hadiah reward jika pemain dapat menyelesaikan permainan dalam batas waktu tertentu maka mendapat reward tertentu sesuai dengan batas waktu. Implementasi game ini dengan memberikan petunjuk kepada anak anak bahwa game dapat mengunduhnya di google play store, serta dibuatkan sebuah kusoner yang nantinya akan menjadi tolak ukur apakah game ini bermanfaat atau sebaliknya. Untuk jumlah responden disini 113 orang dan didapatkan hasil lumayan bagus yakni dengan respon positif rata-rata diatas 60% dari jumlah keseluruhan, dari segi desain, tingkat kesulitan dan pesan yang diterima oleh pemain. Sehingga didapatkan hasil jika game ini layak untuk dimainkan dan sudah teruji secara data bahwa dapat diterima dengan baik dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik juga oleh pemain.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: anak-anak, belajar, essay, puzzle
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Arya Dinata Putra Subagyo
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:05
Last Modified: 30 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3523

Actions (login required)

View Item View Item