IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KUPANG 1 JETIS MOJOKERTO

nugraha, aviv fiqi and rohmad, muhammad ali, 0725108601 and Nasiruddin, Nasiruddin, 2170101005 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KUPANG 1 JETIS MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
abstrak repositori aviv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
BAB I repositori aviv.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB II repositori aviv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III repositori aviv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV repositori aviv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
BAB V repositori aviv.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN unim aviv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Aviv Fiqi. 2022. Implementasi Peniliaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Kupang 1 Jetis Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing Dr. M. Ali Rohmad, M.Pd.I dan Dr. H. Nasiruddin, M.Pd.I Kata kunci : Penerapan, Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam. Penilaian autentik merupakan salah satu bentuk evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik pada Kurikulum 2013. Dibandingkan dengan penilaian sebelumnya, penilaian autentik ini memiliki cakupan yang lebih luas yaitu pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. yang dilakukan dari awal, selama proses, sampai dengan hasil belajar. Sementara itu, Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam menanamkan ajaran dasar agama Islam pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana dalam hal ini peneliti memahami fenomena yang terjadi dan untuk menjaga kealamian data, peneliti terlibat aktif dan terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Upaya menjamin keabsahan data melalui pengecekan triangulasi prosedur sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perspektif guru SDN Kupang 1 Jetis tentang konsep penilaian otentik yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter dilakukan oleh menilai siswa tidak hanya pada aspek pengetahuannya saja, tetapi juga pada aspek lain seperti sikap dan keterampilan siswa dalam mengimplementasikan apa yang telah diperolehnya selama proses pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari. 2) Proses pelaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter di SDN Kupang dilakukan secara berurutan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan evaluasi yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan berbagai teknik penilaian. Instrumen penilaian yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SDN Kupang 1 sangat bervariasi mulai dari tes sampai siswa benar-benar mempraktekkan sendiri untuk melakukannya. Beberapa instrumen penilaian yang digunakan antara lain tes tertulis, jurnal, tanya jawab langsung (tes lisan), praktik, penilaian hasil kerja siswa dan penilaian sikap.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Nugraha Aviv Viqi
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:32
Last Modified: 13 Sep 2022 08:32
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item View Item