IMPLEMENTASI METODE FLASH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN CENTER MOJOKERTO

Basyasyah, Nur Hanifah and Syaikhu Rozi, 0716018307 and Muhammad ali rohmad, Ali rohmad/ 0725108601 (2023) IMPLEMENTASI METODE FLASH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN CENTER MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (46kB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an pada umumnya menggunakan pembelajaran baca tulis Qur’an sebagai media memahami al Qur’an, membaca berulang-ulang diyakini mampu membuat seseorang mudah menghafal Al-Qur’an. Namun dalam lembaga Qur’an Center ini menemukan metode pembelajaran baru yaitu metode flash, metode flash ini menggunakan media gerakan-gerakan untuk memudahkan anak untuk menghafalkan Al-Qur’an dengan cepat. Dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode flash ini rencananya adalah bisa dilaksanakannya secara klasikal dan bisa secara individu. Jika klasikal dalam satu kelas capaian, tingkat kemampuan, dan usia sama. Perencanaanya dalam satu kali pertemuan bisa hafal lima ayat yang dapat menyebutkan secara urut, mundur maupun acak beserta dengan nomor urut dan artinya, begitupun seterusnya. Jika individu maka capaian, tingkat kemampuan dan usia berbeda-beda. Perencanaannya sama dengan pelaksanaan ketika klasikal. Dalam mengetahui kualitas hafalan santri yang memakai metode Flash ini, para asatidz memberikan beberapa kriteria untuk menilai kualitas hafalan santri, yaitu : Mumtaz, Jayyid dan Dhoif yang jika dirinci menjadi satuan angka adalah 85-100 untuk Mumtaz, 75-84 untuk Jayyid dan 1-50 untuk Dhoif. Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode flash ini adalah metode ini lebih mudah dan menyenangkan namun hanya berlaku pada anak-anak. Dan metode ini akan lebih mudah diterapkan pada anak yang memiliki gaya belajar kinestetik. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk : 1) menganalisis metode flash. 2) menganalisis implementasi metode flash dalam meningkatkan hafalan. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini mencakup jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (Observation), wawancara (Interview), dan dokumentasi (Dokumentation). Analisa data terdiri dari implementasi metode flash dan kualitas hafalan santri ketika menghafal menggunakan metode flash. Kata Kunci: metode flash dan hafalan

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Hanifah Basyasyah Nur
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:50
Last Modified: 03 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item View Item