Albaab, Ahmad Sahilul, 51905120020 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 and Yaqin, Ainul, 0706017402 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PESANTREN TERPADU KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
Abstrack.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kebijakan baru yang dicanangkan Menteri Nadiem Makarim yaitu Kurikulum Merdeka Belajar, yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik serta mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar harus memperhatikan langkah-langkah yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan faktor pendukung maupun penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pesantren Terpadu Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PAI kelas X-TKJ-1, sedangkan informan adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan siswa kelas X-TKJ-1. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pesantren Terpadu sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari pembekalan konsep kurikulum merdeka secara informative baik dalam online maupun offline. Kedua perancangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Ketiga merencanakan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Keempat perancangan modul ajar yang sesuai dengan proyek penguatan pelajar Pancasila. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi ajar, seperti diskusi, ceramah, discovery learning, Projek Based Learning (PJBL), problem based learning (PBL), dan Incuary Learning. menggunakan pendekatan terdiferensiasi. Media yang digunakan yang digunakan sudah menggunakan audio, visual. proyek Penguatan profil pelajar Pancasila berupa suara demokrasi. Evaluasi dalam asesmen pembelajaran yang diadakan dengan menggunakan asesmen formatif dan sumatif. (2) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pesantren Terpadu tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya faktor pendukung dan faktor penghambat.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, PAI |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Albaab Ahmad Sahilul |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:27 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4591 |
Actions (login required)
View Item |