IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PERTAHANAN BUDAYA DALAM ERA GLOBALISASI DI SMP NEGERI 2 KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO

viona, dina azalia, 51906130009 and Hermawan, Wawan, 0717098801 and Suwandana, Engkin, 0711038304 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PERTAHANAN BUDAYA DALAM ERA GLOBALISASI DI SMP NEGERI 2 KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy

Abstract

Viona, Dina. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pertahanan Budaya Dalam Era Globalisasi di SMP Negeri 2 Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing: (I) Engkin Suwandana, M.Pd. dan (II) Dr. Wawan Hermawan, M.Pd. Kata Kunci : Penerapan, Teori kontsruktivisme, Upaya pertahanan budaya, Era globalisasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1).penerapan kurikulum merdeka menurut teori konstruktivisme, (2).faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan dimensi kewirausahaan dengan menggunakan teori konstruktivisme sebagai upaya pertahanan budaya di era globalisasi, (3).konsep pembelajaran yang dapat menjadi bekal pengalaman peserta didik di era globalisasi menurut teori konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teori pendekatan yang digunakan adalah teori konstruktivisme dari Lev Vygotsky. Penelitian ini menggunakan data deskriptif diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi di sekolah SMP Negeri 2 Kemlagi. Subjek terdiri dari lima informan yakni Kepala Sekolah, WakaSek Kurikulum, WakaSek Kesiswaan, Guru bahasa Indonesia kelas VII, siswa kelas VII. Instrumen penelitian yang utama adalah peneliti sendiri dan intrumen pendukung yakni terdiri dari pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpuan data menggunakan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka menurut teori konstruktivisme adalah seorang peserta didik membutuhkan dukungan (Scafollding) dari seorang yang sudah berpengalaman (Scafollder) untuk dapat membangun atau mengkonstruk pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. Hasil penelitian selanjutnya adalah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan dimensi kewirausahaan yang cukup besar terletak pada sarana dan prasarana sekolah, disamping itu sekolah dapat mengimbangi dengan adanya faktor pendukung dengan terciptanya kekompakan dari peserta didik dan bapak ibu guru serta orang tua murid yang turut serta selalu mendukung disetiap pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian selanjutnya adalah konsep pembelajaran yang dapat menjadi bekal pengalaman seorang peserta didik yakni bekal pengalaman yang di dapat dari penerapan tersebut peserta didik sudah mendapatkan bekal dan pegalaman secara langsung karena dari penerapan-penerapan yang sudah dilakukan lebih menekankan kepada proses atau praktek secara langsung, jadi peserta didik dapat mengerti pelajaran apa yang dapat di ambil dan diterapkan di masa yang akan datang. Dalam penelitian ini menjadi pembaharuan dari hasil penelitian yang di dapat peneliti dengan dapat tercipta konsep pembelajaran yang efektif dalam implementasi kurikulum merdeka yakni Kooperatif Meaning Learning dan Diferensiasi Inklusi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Teori kontsruktivisme, Upaya pertahanan budaya, Era globalisasi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Viona Dina Azalia
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:08
Last Modified: 31 Aug 2023 02:09
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item View Item