PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU DI SMA-LB PERTIWI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA-LB

CANDRA RATNA SARI, SARI RATNA CANDRA (2016) PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU DI SMA-LB PERTIWI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA-LB. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI CANDRA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
17. BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
18. BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
20. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
19. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
21. BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak tunarungu dari struktur fonologi, morfologi dan sintaksis, serta relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA-LB. Objek yang diteliti yaitu anak tunarungu di SMA-LB PERTIWI kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan psikolinguistik. Bentuk penelitiannya berupa deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau kalimat untuk menggambarkan fokus penelitian atau masalah, menganalisisnya pada data yang ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, rekam dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil data dianalisis dan dipilah-pilah untuk dimasukkan dalam kartu data serta menyimpulkan hasil analisis data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori, triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan bahasa anak tunarungu secara fonologi, artikulasinya cukup jelas meskipun sering muncul beragam kesalahan dalam penyebutan kalimat atau kata, (2) Perkembangan bahasa anak tunarungu secara morfologi, ATR lebih mudah memunculkan morfem bebas daripada morfem terikat, pada morfem terikat anak tunarungu hanya mampu memunculkan prefiks, konfiks dan sufiks, morfem terikat muncul secara optimal apabila ATR membuat kalimat secara berulang-ulang, (3) Perkembangan bahasa anak tunarungu secara sintaksis sudah mampu membuat satu kalimat atau lebih, namun anak tunarungu ketika membuat kalimat tidak sesuai pola yang urut dari kalimat itu sendiri (S-P-O-K), sehingga terkesan bolak-balik susunan kalimatnya, (4) Relevansi perkembangan bahasa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA-LB agar siswa lebih mampu mengembangkan keterampilan bahasa. Kata Kunci : perkembangan bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, psikolinguistik

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Economics > Management
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:34
Last Modified: 02 Apr 2019 04:00
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item