Emi Rok’ Ifah, Emi Rok’ Ifah (2016) Realitas Sosial Masyarakat Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Sosiologi Sastra). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.
|
Text
Jurnal Skripsi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Kata Kunci : Novel, Realitas Sosial Masyarakat, Sosiologi Sastra. Penelitian ini berisi tentang realitas sosial masyarakat yang terdapat dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Masalah yang perlu diuraikan dalam penelitian ini yaitucermin masyarakat dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono, konteks sosiobudaya yang dihadapi tokoh utama dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono, relevansi permasalahan sosial tokoh utama dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan pendidikan karakter dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon.Hal itu dikarenakan pesan yang ada dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon bisa dijadikan sebagai motivasi pembaca yaitu tentang pendidikan dan profesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data atau objek penelitiannya adalah novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon, yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta pada tahun 2015, dengan tebal sebanyak 135 halaman. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat, paragraf yang memasalahkan realitas sosial masyarakat dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan teori sosiologi sastra dan hasilnya diungkapkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitianpermasalan realitas sosial masyarakat dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon, diperoleh simpulan bahwa cermin masyarakat tokoh utamayaitupendidikan, profesi, danasmara. Konteks sosiobudaya tokoh utama yaituperbedaan agama dan perbedaan budaya. Relevansi permasalahan sosial tokoh utama yaitu pendidikan, profesi, asmara, perbedaan agama, dan perbedaan budaya. Serta nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damon.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 08:45 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:53 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/498 |
Actions (login required)
View Item |