ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA IKLAN RADIO GITANADA FM KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

FAJARUDIN FIYANTONI, FAJARUDIN FIYANTONI (2016) ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA IKLAN RADIO GITANADA FM KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
skripsi aku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
jurnal skripsi fajarudin.pdf

Download (478kB)

Abstract

ABSTRAK Objek formal penelitian ini adalah stilistika yang berhubungan dengan diksi, gaya bahasa dan citraan dengan pendidikan karakter. Dan objek materialnya adalah iklan di radio Gitanada FM Tebuireng Jombang yang mengandung banyak karakteristik diksi, gaya bahasa dan citraan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan karakteristik diksi, gaya bahasa dan citraan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Data yang diperoleh dari radio sejumlah 17 data berupa rekaman dan penulis transkip kan sendiri. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan teknik rekam atau catat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dari 17 data, penulis telah mengelompokkan jenis iklan menjadi delapan diantaranya, iklan property, iklan jasa, iklan kendaraan, iklan pakaian dan aksesoris, iklan pendidikan, iklan obat, iklan minuman dan iklan masyarakat. Dari pengelompokkan iklan tersebut diperoleh data untuk diksi 31, diantaranya kata umum terdapat tujuh data, kata khusus terdapat tujuh data, kata abstrak ada lima data, kata konkret ada empat data, tujuh untuk kata popular dan tiga untuk kata ilmiah. Terdapat 13 data untuk pengelompokkan gaya bahasa dari enam macam gaya bahasa yang penulis temukan diantaranya, gaya bahasa personifikasi satu data, hiperbola dua data, repetisi empat data, metonemia satu data, alusi tiga data dan litotes ada dua data . Dan Sembilan data untuk citraan, diantaranya citraan penglihatan, citraan perabaan, citraan pengecapan dan citraan gerakan. Untuk nilai pendidikan karakternya penulis mendapat lima data yang berupa cinta damai ada satu data, bersahabat satu data, peduli lingkungan satu data, peduli sosial satu data, kejujuran terdapat satu data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan berikut: Diksi pada iklan radio lokal “Gita FM” edisi Januari 2016 hingga Maret 2016 dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yakni, diksi yang didasarkan pada luas tidaknya makna dan diksi menurut penggunaannya, kata khusus sebanyak 17 data, kata abstrak sebanyak 15 data, dan kata konkret sebanyak sembilan data, sedangkan diksi berdasarkan penggunaannya yaitu kata populer sebanyak enam data dan kata ilmiah sebanyak lima data. Dari 21 data iklan radio “Gita FM” didominasi oleh kata khusus. Gaya bahasa pada iklan radio “Gita FM” edisi Januari 2016 hingga Maret 2016 terbagi menjadi empat bagian, yakni gaya bahasa personifikasi sebanyak tiga data, gaya bahasa hiperbola sebanyak tiga data , gaya bahasa repetisi sebanyak lima data, gaya bahasa metonomia sebanyak satu data dan gaya bahasa alusi sebanyak tiga data. Citraan pada iklan radio “Gita FM” edisi Januari 2016 hingga Maret 2016 terbagi menjadi lima citraan, yakni citraan penglihatan, citraan perabaan, citraan pengecapan dan citraan gerakan. Nilai pendidikan yang ada pada iklan di radio Gita nada FM ini terdapat lima nilai yaitu, nilai kejujuran, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan lingkungan dan peduli sosial edisi Januari 2016 hingga Maret 2016.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:50
Last Modified: 02 Apr 2019 03:53
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item