Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Bukalapak.Com Periode Bulan Januari 2017 – Bulan April 2018

AGUS ROHMAWATI, AGUS (2019) Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Bukalapak.Com Periode Bulan Januari 2017 – Bulan April 2018. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
SKRIPSI AGUS ROHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI A. ROHMAWATI.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Bukalapak.Com Periode Bulan Januari 2017 – Bulan April 2018”. Penelitian ini memilih bukalapak.com karena iklan bukalapak.com berbeda dengan online shopping lainnya, yang dimana bukalapak dalam mengiklankan produknya tidak hanya mengiklankan produk barang atau jasanya saja, tetapi juga menggabungkan iklannya dengan memberikan pesan-pesan nilai sosial yang menyentuh dan menarik agar dapat menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan nilai sosial yang terkandung dalam iklan Bukalapak.com periode bulan Januari 2017 – bulan April 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisi isi deskriptif kualitatif. Analisi isi kualitatif lebih banyak dipakai untuk meneliti dokumen yang dapat berupa teks, gambar, simbol, dan sebagainya untuk memahami nilai-nilai sosial yang terdapat dalam iklan tersebut. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan bukalapak.com. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengkategorikan iklan bukalapak.com berdasarkan jenis iklan. Kemudian setelah menemukan iklan yang mengandung pesan sosial dianalisis dengan menggunakan kategori nilai sosial. Hasil penelitian dalam iklan bukalapak yang mengandung pesan nilai sosial yaitu iklan bu Linda, iklan belah pinggir x belah tengah, dan iklan terima kasih ibu. Nilai sosial yang terdapat dalam iklan bu Linda, iklan belah pinggir x belah tengah, dan iklan terima kasih ibu, yaitu : nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup. Nilai kasih sayang yang terdiri atas pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan dan kepedulian. Nilai tanggung jawab terdiri atas nilai rasa memiliki, disiplin dan empati. Selanjutnya nilai Keserasian hidup terdiri atas nilai keadilan, toleransi, kerjasama dan demokrasi. Implikasi nilai-nilai sosial dalam iklan tersebut dapat di ambil pesan-pesan nilai sosial yang positif didalamnya oleh para masyarakat, diantaranya yakni dapat dijadikan contoh untuk menyadarkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bersosial dan bersikap terhadap sesama. Dengan adanya Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam iklan tersebut juga membuat masyarakat sadar mengenai sikap nilai-nilai sosial positif yang dapat diambil contoh seperti nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup dalam masyarakat. Kata kunci: analisis isi, nilai sosial, iklan, bukalapak.com

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: analisis isi, nilai sosial, iklan, bukalapak.com
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 26 Feb 2019 05:37
Last Modified: 02 Apr 2019 06:48
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item