Alih Wahana dari Novel ke Film Surga yang tak Dirindukan karya Asma Nadia

Ichdatus Saputri, Saputri Ichdatus (2016) Alih Wahana dari Novel ke Film Surga yang tak Dirindukan karya Asma Nadia. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
SKRIPSI 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK Kata kunci : Alih wahana, Novel, Film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan unsur-unsur cerita, efek apakah yang terjadi dalam perbedaan sudut pandang, dan pengaruh yang terjadi pada novel ke film Surga yang tak Dirindukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah novel Surga yang tak Dirindukan karya Asma Nadia dan film Surga yang tak Dirindukan karya hanung Bramantyo. Penelitian difokuskan pada perubahan unsur-unsur cerita, perbedaan sudut pandang yang terjadi, dan pengaruh dari novel surga yang tak Dirindukan (verbal) ke film Surga yang tak Dirindukan (audio visual). Data diperoleh dengan teknik membaca secara menyeluruh dan berulang-ulang pada novel Surga yang tak Dirindukan, menyimak film Surga yang tak Dirindukan, kemudian mengidentifikasi dan membandingkan aspek unsur-unsur cerita antara kedua karya tersebut, sehingga menemukan persamaan dan perbedaan antar karya kemudian mencatat hasil perubahan yang terjadi khususnya pada unsur-unsur cerita, perbedaan yang terjadi pada sudut pandang, dan pengaruh yang terjadi pada keduanya. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif induktif dan proses alih wahana, melaui pemahaman dan penafsiran antara data yang satu dengan data yang lain. Keabsahan data diperoleh melalui validitas reliabilitas (intrarater). Hasil dan pembahasan penelitian, perbedaan alur melalui lokasi penempatan adegan, pengurangan cerita pada novel tetapi tidak ditampilkan di film seperti peristiwa Mei Rose mempunyai dan tinggal di rumahnya tantenya, dan variasivariasi yang terdapat dalam film dibandingkan dengan novel aslinya.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Alih wahana, Novel, Film
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:07
Last Modified: 02 Apr 2019 03:49
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item