PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ADDIE PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMAS AL-MULTAZAM

Ilyas, Mohammad, 51906130017 and Hermawan, Wawan, 0717098801 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ADDIE PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMAS AL-MULTAZAM. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
14. Bab 1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
15. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
16. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
17. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sering dianggap membosankan karena soal�soalnya yang relatif panjang. Banyak peserta didik yang mengeluh saat mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia karena waktu yang diberikan tidak cukup untuk membaca soal-soalnya. Latihan soal dengan bentuk teka teki silang bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi kejenuhan peserta didik saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Teka teki silang yang dikolaborasikan dengan android akan lebih menarik bila diteliti dan dikembangkan.Teks laporan hasil observasi dipilih sebagai materi dalam TTS karena dianggap biasa saja dan membosankan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan ADDIE. Pendekatan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang berurutan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran teka teki silang teks laporan hasil observasi berbasis android yang diteliti dan dikembangkan di SMAS Al-Multazam Mojokerto dan diujicobakan pada kelas X. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran teka teki silang teks laporan hasil observasi dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran karena memenuhi kriteria valid, berkualitas, dan efektif. Presentase nilai kevalidan adalah 96,6%, presentase nilai keberkualitasan 83%, dan presentase nilai keefektifan adalah 75%

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: TTS Bahasa Indonesia, TTS LHO, SMAS Al Multazam
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Ilyas Mohammad
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:36
Last Modified: 09 Jan 2024 03:36
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5033

Actions (login required)

View Item View Item