SEMIOTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEME SINDIRAN YANG TERDAPAT DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Luthfi Lukmanul Hakim, Hakim Lukmanul Luthfi (2016) SEMIOTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEME SINDIRAN YANG TERDAPAT DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
jurnal skripsi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I ka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB III ka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB II ka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV ka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Abstrak Media Sosial Instagram Saat ini menjadi tempat untuk membuat kreatifitas para penggunanya tak terkecuali peserta didik untuk menyampaikan suatu gagasan, Ide, serta kritikan yang disampaikan melalui tulisan gambar berkarakter biasanya disebut dengan Meme. Salah satunya adalah Meme Sindiran. hal tersebut salah satu alasan dipilihnya Meme sindiran sebagai Objek Formal dalam penelitian ini. adapun tujuan khusus penelitian ini adalah, Mendeskripsikan 1) Ikon, Indeks dan simbol meme sindiran, 2) Makna yang terkandung dalam Meme sindiran. dan 3) Nilai pendidikan karakter yang terkait dengan meme sindiran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriftif kualitatif dengan pendekatan Semiotika. Sumber data dalam penelitian ini adalah gambar meme sindiran yang di hasilkan dari Cetak Layar (Screen Capture) Media sosial Instagram. Data berupa teks dan gambar Meme sindiran. teknik pengumpulan data menggunakan Metode Pengamatan/Observasi dan Metode pendokumentasian, peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan. keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi Data. Berdasarkan hasil analisis Meme sindiran yang terdapat dalam Media Sosial Instagram, di peroleh beberapa kesimpulan sebagai berikut 1) Ikon merupakan format visualnya digunakan untuk merepresentasikan perilaku objek tersindir. Indeks digunakan untuk menjelaskan fakta secara deskriptif mengenai suatu peristiwa yang berkaitan dengan objek Sindiran. Sedangkan Simbol menunjukan ciri khusus visual meme yaitu berupa penggunaan gambar objek tersindir. 2) pencarian elemen makna pierce melalui Tanda, Objek dan Interpetan. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa, tanda berasal dari Ikon, indeks dan simbol seperti yang diuraikan diatas. Objek adalah seseorang atau institusi tersindir yang menjadi sasaran sindiran. sedangkan interpretan adalah suatu gambaran yang muncul dalam benak seseorang ketika melihat Meme sindiran. dari ketiga hal tersebut hingga djika disatukan akan menjadi suatu makna. 3) adapun Nilai pendidikan karakter yang terkait dengan Meme Sindiran yaitu a. Religius b. Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif c. Rasa ingin tahu d. Menghargai karya dan prestasi orang lain e. Semangat Kebangsaan. Kata Kunci : Meme Sindiran, Semiotika, Makna, pendidikan karakter

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Meme Sindiran, Semiotika, Makna, pendidikan karakter
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:58
Last Modified: 02 Apr 2019 03:07
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item