ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM KONTEKS PERCAKAPAN PADA KOMUNITAS WARIA DI KELURAHAN SENTANAN KECAMATAN MAGERSARI KOTA MOJOKERTO DAN RELEVANSI PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

ARIKA DHURIANITA, DHURIANITA ARIKA (2017) ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM KONTEKS PERCAKAPAN PADA KOMUNITAS WARIA DI KELURAHAN SENTANAN KECAMATAN MAGERSARI KOTA MOJOKERTO DAN RELEVANSI PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Dhurianita, Arika, 2017. Analisis Tindak Tutur dalam Konteks Percakapan pada Komunitas Waria di Kelurahan Sentanan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto dan Relevansi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan dan Tarbiyah, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing: (I) Linda Eka Pradita, M.Pd. (II) Suyono, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian tindak tutur dalam konteks percakapan pada komunitas waria di Keluarahan Sentanan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Peneliti memfokuskan penelitian pada, pertama: tindak tutur lokusi, kedua: tindak tutur ilokusi, ketiga: tindak tutur perlokusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud membuat deskripsi mengenai situasi-situasi kejadian. Penelitian ini mengambil objek konteks percakapan pada komunitas waria. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan perekaman suara. Tahap-tahap dalam metode penelitian ini antara lain: tempat dan waktu penelitian, jenis penelitian, subjek dan objek penelitian, instrumen penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan validitas penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, yaitu dari bulan Maret hingga bulan Agustus 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks percakapan komunitas waria terdapat tindak tutur yang digunakan dalam berdialog setiap hari. Pada tindak tutur lokusi terdapat tindak tutur lokusi naratif, tindak tutur lokusi deskriptif, dan tindak tutur lokusi informatif, dalam percakapan waria terdapat keseluruhan dari tindak tutur lokusi. Pada tindak tutur ilokusi terdapat beberapa fungsi yaitu tindak tutur ilokusi kompetitif, tindak tutur ilokusi konvivial, tindak tutur ilokusi kolaboratif, dan tindak tutur ilokusi konfliktif. Tindak tutur ilokusi pada percakapan waria terdapat sebagian waria yang menggunakan tindak tuturan ilokusi. Tindak tutur perlokusi, terdapat sedikit dari waria yang menggunakan tindak tuturan perlokusi. Relevansi tindak tutur dalam pembelajaran bahasa di SMA adalah tentang keterampilan berbicara ini berada di kelas XII semester 1 KTSP, ketika melihat tingkatan kelas XII pemikiran mereka tentang argumen atau pemahaman pemikiran mereka sudah mulai produktif akan pengolahan katakata, karena pada usia itu, anak lebih aktif untuk mengolah kata dan menyimpan kata-kata yang mereka dapatkan dari lingkungan yang mereka tempati. Kata-kata Kunci: Tindak Tutur, Peristiwa Tutur, Komunitas, dan Relevansi Pembelajaran Bahasa

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:53
Last Modified: 02 Apr 2019 02:55
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item