Pamudji, Firdaus Ghifari, 52003050006 and Lailin, Moch. Ichdah A.H, 0708087102 and Ningsih, Masniah, 0723118108 (2024) ETNOGRAFI KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS GAMER DI WARKOP GIRAS GAMING KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
||
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah etnografi komunikasi dalam komunitas pemain game di Warkop Giras Gaming, yang terletak di Kota Mojokerto. Fokus utama studi ini adalah untuk memahami dinamika interaksi sosial, penggunaan bahasa, dan jenis komunikasi yang terjadi di antara pemain game. Untuk melakukan ini, metode etnografi digunakan untuk mengamati secara langsung kehidupan sehari-hari komunitas pemain game dan melakukan wawancara dengan anggota komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks game online Warkop Giras Gaming, penggunaan bahasa informal di mendominasi komunikasi di komunitas gamer. Selain itu, ditemukan bahwa hierarki yang didasarkan pada keterampilan bermain game memengaruhi interaksi sosial di warkop ini, dengan pemain yang lebih terampil cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi. Komunikasi non-verbal, seperti ekspresi wajah dan gesture, sangat penting dalam interaksi antar gamer. Penelitihan ini membuka mata kita pada cara komunitas gamer membuat identitas sosial mereka melalui cara mereka berinteraksi satu sama lain dan bagaimana ruang fisik seperti warkop dapat menjadi pusat penting bagi komunitas game online. Selain itu, penelitian ini menekankan betapa pentingnya memahami konteks budaya dan sosial saat menganalisis komunikasi. Ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi bidang studi komunikasi.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnografi komunikasi, komunitas, warkop giras gaming |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences |
Depositing User: | Pamudji Firdaus Ghifari |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:28 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:28 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5118 |
Actions (login required)
View Item |