ETNOGRAFI KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS GAMER DI WARKOP GIRAS GAMING KOTA MOJOKERTO

Pamudji, Firdaus Ghifari, 52003050006 and Lailin, Moch. Ichdah A.H, 0708087102 and Ningsih, Masniah, 0723118108 (2024) ETNOGRAFI KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS GAMER DI WARKOP GIRAS GAMING KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah etnografi komunikasi dalam komunitas pemain game di Warkop Giras Gaming, yang terletak di Kota Mojokerto. Fokus utama studi ini adalah untuk memahami dinamika interaksi sosial, penggunaan bahasa, dan jenis komunikasi yang terjadi di antara pemain game. Untuk melakukan ini, metode etnografi digunakan untuk mengamati secara langsung kehidupan sehari-hari komunitas pemain game dan melakukan wawancara dengan anggota komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks game online Warkop Giras Gaming, penggunaan bahasa informal di mendominasi komunikasi di komunitas gamer. Selain itu, ditemukan bahwa hierarki yang didasarkan pada keterampilan bermain game memengaruhi interaksi sosial di warkop ini, dengan pemain yang lebih terampil cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi. Komunikasi non-verbal, seperti ekspresi wajah dan gesture, sangat penting dalam interaksi antar gamer. Penelitihan ini membuka mata kita pada cara komunitas gamer membuat identitas sosial mereka melalui cara mereka berinteraksi satu sama lain dan bagaimana ruang fisik seperti warkop dapat menjadi pusat penting bagi komunitas game online. Selain itu, penelitian ini menekankan betapa pentingnya memahami konteks budaya dan sosial saat menganalisis komunikasi. Ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi bidang studi komunikasi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Etnografi komunikasi, komunitas, warkop giras gaming
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Pamudji Firdaus Ghifari
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:28
Last Modified: 17 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item View Item