TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI MA UNGGULAN AL-KAUTSAR TROWULAN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Malutin, Malutin (2017) TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI MA UNGGULAN AL-KAUTSAR TROWULAN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Bab I, II dan III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Malutin. 2016. Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di MA Unggulan Al-kautsar Trowulan Mojokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Suyadi, M.Pd. dan (II) Doni Uji Windiatmoko, M.Pd. Kata-kata Kunci : Tindak tutur, Fungsi, Pembelajaran bahasa. Penelitian ini tentang Tindak tutur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas X di MA Unggulan Al-kautsar Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimanakah tindak tutur percakapan introgatif guru dan siswa kelas X di MA Unggulan Al-kautsar Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016, (2) mendeskripsikan bagaimanakah tindak tutur percakapan deklaratif guru dan siswa kelas X di MA Unggulan Al-kautsar Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016. (3) mendeskripsikan bagaimanakah tindak tutur percakapan imperatif guru dan siswa kelas X di MA Unggulan Al-kautsar Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk menambah referensi dalam tuturan dengan orang lain dan meningkatkan pengetahuan cara mengelolah percakapan yang baik secara sopan. Landasan teori dalam penelitian ini berhubungan dengan fungsi bahasa dalam kegiatan interaksi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa tuturan dan hasil akhir dari penelitian berupa deskripsian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan tuturan yang dilakukan guru dan siswa memiliki banyak fungsi berbahasa diantaranya fungsi tindak tutur percakapan pada waktu menjawab suatu pertanyaan. Penelitian ini diharapkandapat memberikan manfaat bagi guru sebagai pendidik dalam berkomunikasi dan bagi peserta didik dapat digunakan untuk meningkatkan kesopansatunan dalam etika berbicara dengan orang lain.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur, Fungsi, Pembelajaran bahasa
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:54
Last Modified: 01 Apr 2019 07:24
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item