ANALISIS FEMINISME DALAM NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY RELEVANSI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH SMP MANDALA CANGGU

Sintayana Rif’atus Sholihah, Sintayana Rif’atus Sholihah (2017) ANALISIS FEMINISME DALAM NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY RELEVANSI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH SMP MANDALA CANGGU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img]
Preview
Text
jurnal feminisme.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.docx feminisme.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II feminisme.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
BAB IV feminisme.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
BAB V FEMINISME.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
BAB III FEMINISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Sintayana Rif’atus Sholihah. 2017. Analisis Feminisme Dalam Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy Relevansi Pembelajaran Sastra Di Sekolah SMP Mandala Canggu. SKRIPSI Program Setudi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Majapahit. Dosen pembimbing 1: Linda Eka Pradita, M.Pd dan dosen pembimbing 2. Taswirul Afkar, M.Pd kata kunci: citra, tokoh perempuan, novel, kritik sastra feminis Istilah feminisme dalam penelitian ini berti keadaan akan adanya ketidak adilan jendrel yang menimbulkan kaum perempuan, baik dalam keluarga maupun lingkungan keraton. Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy merefleksikan adanya citra pribadi perempuan dan menjalankan peran dan kedudukan di dalam keluarga dan lingkungan keraton melalui sikap tindakan, perilaku, ucapan, jalan pikiran dan rencanahidup tokoh perempuan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dipilihnya kartini dalam penelitian ini. Adapun tujuan khusus penelitian ini, yakni mendeskripsikan (1 ) citra perempuan tokoh utama dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy (2 ) bagaimana perempuan memandang kedudukan dalam keluarga dan masyarakat. (3 ) relevansi pembelajaran sastra di SMP metode yang digunakan dalam penelitaian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan feminisme. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Data berupa unit-unit teks yang berisi deskripsi citra perempuan dalam novel Kartini karya Abaidah El Khalieqy, deskripsi sikap tokoh utama dalam memandang kedudukan sebagai perempuan dalam keluarga dan masyarakat, dan relevansi pembelajaran sastra di SMK. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca sumber data dan penelitian dan berperan sebagai instrumen. Penelitian melakukan teknik pengumpulan data proses mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil anaisis data diperoleh beberapa kesimpulan pertama eksistensi tokoh utama perempuan dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Terefleksi melalui sikap, tindakan, rencana hidup serta ucapan tokoh perempuan yang yang memiliki ciri-ciri: (1 ) tokoh utama sebagai perempuan yang mampu memberikan pemahaman, dan berani menentang, dan mengambil keputusan, dan (2 )diperoleh kesimpulan bahwa kedudukan tokoh utama dalam keluarga dan masyarakat, (3 ) serta diperoleh juga kesimpulan dengan adanyanya relevansi permbelajran sastra di sekolah SMP.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2019 07:03
Last Modified: 01 Apr 2019 07:30
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item