KRISIS SOSIAL KEHIDUPAN ETNIS ROHINGYA DI KAMP PENGUNGSIAN BANGLADESH DALAM POTRET FOTO JURNALISTIK (Analisis Semiotika Pesan Sosial dalam Foto Jurnalistik Pemberitaan Kehidupan Etnis Rohingya di Kamp Pengungsian Bangladesh pada Situs National Geographic Online Periode Desember 2017 Sampai Mei 2018)

Dewi Maharani Astutik, DEWI (2019) KRISIS SOSIAL KEHIDUPAN ETNIS ROHINGYA DI KAMP PENGUNGSIAN BANGLADESH DALAM POTRET FOTO JURNALISTIK (Analisis Semiotika Pesan Sosial dalam Foto Jurnalistik Pemberitaan Kehidupan Etnis Rohingya di Kamp Pengungsian Bangladesh pada Situs National Geographic Online Periode Desember 2017 Sampai Mei 2018). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Skripsi Rani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
jurnal rani.pdf

Download (497kB)

Abstract

ABSTRAK Rasa empati yang dimiliki oleh manusia saat ini menjadi semakin luntur karena semakin sedikitnya waktu yang digunakan untuk berinteraksi satu sama lain. Padahal manusia bukanlah makhluk sempurna yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Salah satu cara untuk memupuk kembali rasa keempatian yang berkaitan erat dengan jiwa sosial tersebut adalah dengan lebih memperhatikan isu-isu bertemakan sosial di sekitar kita. Salah satu isu sosial yang layak mendapat perhatian lebih adalah konflik antara pemerintah Myanmar dengan etnis Rohingya yang mengakibatkan ratusan ribu masyarakat etnis Rohingya harus tinggal di kamp pengungsian Bangladesh. Hal ini diabadikan dalam potret-potret yang dipublikasikan oleh media-media massa lokal maupun internasional. Salah satu media internasional yang memuatnya adalah situs online National Geographic. Penelitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Charles Sanders Peirce yang menganalisa foto jurnalistik mengenai kehidupan masyarakat etnis Rohingya di Kamp Pengungsian Bangladesh yang dimuat dalam situs online majalah National Geographic periode Desember 2017 hingga Mei 2018 dengan menggunakan ikon, indeks, dan simbol, dan kemudian dilanjutkan dengan analisa interpretasi makna sosialnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan memaparkan objek yang diteliti untuk mengidentifikasikan, menganalisa, lalu menafsirkan makna dari obyek penelitian secara detail yang berupa bahasa visual dalam foto jurnalistik dengan pendekatan semiotika. Setelah melewati tahapan analisis, disertai dengan tahapan identifikasi hubungan pertandaan yang memakai model Peirce, akhirnya diperoleh temuan dari studi ini di mana isi pesan sosial adalah representasi aktual media ini terhadap krisis kehidupan masyarakat etnis Rohingya di kamp pengungsian Bangladesh yang mengundang reaksi keras dan kecaman dari banyak pemimpin dunia dan organisasi kemanusiaan internasional sekelas PBB. Dengan kata lain, foto-foto tentang kondisi pengungsi Rohingya di kamp pengungsian di Bangladesh yang ditampilkan di situs online National Geographic tidak lain merupakan cara pandang mereka dalam menyikapi fenomena yang sebagian korbannya adalah anak-anak ini, sekaligus untuk mengaktualisasikan informasi sesuai dengan kebutuhan para pembacanya, sehingga dapat menggugah emosi, membangkitkan empati, dan mengembalikan kepedulian sosial yang sudah semakin luntur. Diharapkan perubahan sikap dapat mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu yang nyata untuk tragedi ini. Kata Kunci : Rohingya, pengungsi, pesan sosial, foto jurnalistik, semiotik

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Rohingya, pengungsi, pesan sosial, foto jurnalistik, semiotik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:20
Last Modified: 04 Apr 2019 05:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item