Penguatan Etika Lingkungan Bagi Siswa Melalui Mapel Pai Di SMKN 1 Dlanggu

Harahaf, Mohammad Burhanudin, 52005120013 and Saifuddin, 0713128202 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 (2024) Penguatan Etika Lingkungan Bagi Siswa Melalui Mapel Pai Di SMKN 1 Dlanggu. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahi.

[img] Text
ABSTRAK-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy

Abstract

Etika lingkungan merupakan dasar pola pikir dan perilaku pada setiap manusia mengenai interaksinya dengan lingkungan hidup. Masyarakat memiliki kewajiban nilai moral untuk menghormati sekaligus menghargai alam sekitar. Oleh sebab itu, setiap individu harus mempunyai kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan agar tidak terjadi fenomena rusaknya lingkungan seperti halnya krisis air bersih, pencemaran udara, perubahan struktur tanah dan batuan, pencemaran tanah, dan pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman etika lingkungan peserta didik di SMKN 1 Dlanggu melalui mata pelajaran PAI. Dan juga untuk mengetahui proses penguatan pemahaman etika lingkungan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data yang dihasilkan yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan dengan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini mencakup pemahaman peserta didik sudah sampai pada kemampuan untuk mengetahui materi dengan baik, memberikan contoh melalui praktik nyata, menjelaskan ulang materi, mampu menafsirkan materi, mampu menganalisis materi, dan mampu untuk menyimpulkan materi terkait etika lingkungan. Kemudian mengenai proses penguatan etika lingkungan pada peserta didik diantaranya yakni melalui Integrasi nilai-nilai keislaman yang berhubungan dengan lingkungan, melalui keteladanan pendidik, melalui kolaborasi dengan ekstrakurikuler, melalui pemilihan metode ataupun media pembelajaran yang menarik, melalui praktik nyata, dan melalui pembentukan karakter peserta didik agar selalu cinta terhadap lingkungan. Kata Kunci: etika lingkungan, Mapel PAI, Peserta Didik

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Etika lingkungan, PAI. Tenaga pendidik, peserta didik
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: HARAHAF MOHAMMAD BURHANUDIN
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:43
Last Modified: 10 Sep 2024 08:43
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item