Maghfiroh, Ananda, 52105123001 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 and Alivi, Justsinta sindi, 0718039003 (2024) METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN RUMAH TAHFIDZ MUHAMMADIYAH MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran Al-Qur’an sebagai pendekatan atau teknik yang digunakan untuk mengajarkan dan mempelajari bacaan, pemahaman, dan penghafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis metode pembelajaran Al-Qur’an yang ditetapkan di Rumah Tahfidz Muhammadiyah Mojokerto serta cara penerapan metode-metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, data yang dihasilkan yakni melalui kualitatif observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat tiga metode utama yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Muhammadiyah Mojokerto. Metode pertama adalah metode Talaqqi, Metode kedua adalah Murojaah, Metode ketiga adalah metode Sima’i atau Tasmi’. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi dari ketiga metode tersebut efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan dan pembacaan Al-Qur’an santri. Dalam penelitian ini menemukan temuan di Rumah Tahfidz Muhammadiyah (RTM) yang mempunyai program khusus yakni M3 yang disebut (Majlis Muroja’ah Ma’an) dan Jaridah yang disebut (Jam’iyatu at-takrir wa Ziyadah ) yang dapat diartikan M3 ialah program membentuk majlis atau perkumpulan pada waktu tertentu untuk melakukan Muroja’ah atau mengulang hafalan secara bersama-sama. Dan Jaridah ialah perkumpulan para santri dan alumni RTM untuk terus menyetorkan dan menambah hafalannya baru pada waktu tertentu. Yang mana kesimpulan dari penelitian ini bahwa di RTM mempunyai tiga metode pembelajaran yaitu Metode Talaqqi membantu memastikan ketepatan dalam tajwid dan makhraj, kemudian Metode Murojaah memperkuat hafalan melalui pengulangan yang intensif, dan Metode Sima’i memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan bacaan dan hafalan. Ketiga metode ini menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Muhammadiyah Mojokerto. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Metode Talaqqi, Muraja’ah dan Sima’i .
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Metode Talaqqi, Muraja’ah dan Sima’i . |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | MAGHFIROH ANANDA |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:19 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5456 |
Actions (login required)
View Item |